• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribun Seleb

Lagu-lagu Edukatif untuk Konsumsi Anak Makin Minim, Ini Solusinya

Sabtu, 18 Mei 2013 20:52 WIB
Lagu-lagu Edukatif untuk Konsumsi Anak Makin Minim, Ini Solusinya
Istimewa

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lagu-lagu anak zaman sekarang dinilai kurang mendidik dari sisi tema dan lirik.

Tak seperti lagu-lagu anak zaman dulu yang edukatif, tema lagu anak zaman sekarang sudah merambah tema tembang yang lazimnya dikonsumsi orang dewasa.

Keprihatinan ini Julia Tampubolon, pencipta lagi sekaligus pengajar musik.

Ia sering menjumpai para muridnya menyanyikan lagu dewasa atau lagu boyband maupun lagu penyanyi remaja asal Amerika Serikat.

Jika ingin anak-anak tumbuh sesuai usianya, sebaiknya orangtua atau orang dewasa di sekitarnya (guru) memberikan sesuatu yang sesuai usia anak dan kondisi sekarang ini.

Namun bagaimana menginginkan hal tersebut, jika stok lagu baru tidak tersedia?

Julia mengatakan sebagai seorang pengajar bisa menciptakan lagu sendiri dan meminta anak menyanyikannya. Hasilnya akan direkam dalam bentuk compact disk (CD).

"Pemerintah bisa bikin banyak lomba cipta lagu anak, lomba penyanyi antar sekolah, buat buku lagu dari pencipta lagu muda, lalu masukkan semua ke sekolah-sekolah, nggak harus dalam bentuk CD. Buku lagu itu untuk pegangan anak-anak, jadinya mereka semangat," kata guru SD PSKD Mandiri, Menteng, Jakarta tersebut.

Saat ini, lomba cipta lagu untuk Julia dkk adalah "Ajang Cipta Lagu Anak" atau ACILA. Pada ACILA 2012, Julia menjadi salah seorang pemenang. Terdapat 12 pemenang pencipta lagu. Ke-12 lagu ciptaan tersebut dibuatkan sebuah CD. Dengan cara tersebut, anak-anak semakin banyak memiliki referensi lagu anak.

"Di sekolah kami sering ada lagu anak-anak, untuk anak yang agak besar, kelas 4 dia nagih, kalau lagunya itu-itu terus, mereka bilang "lagu barunya mana bu Julia?" Tapi saya mix juga sama anak-anak dari luar," cerita Julia.

Julia Tampubolon merupakan guru SD yang telah menciptakan sekitar 50 lagu anak. Lagu tersebut kebanyakn berbahasa Indonesia, meskipun ada beberapa lagu yang berbahasa Inggris. Lagu yang ia buat bertema cinta tanah air, kehidupan sehari-hari, hingga tema religi, seperti puasa, lebaran, paskah, dan natal. Beberapa judul yang ia ciptakan di antaranya Puasa, Minal Aidzin wal Faizin, Merry Christmas, He is a Life, Terima Kasih Yesusku, Akulah Pemimpin Masa Depan, dan lainnya.

Agustina N.R

Editor: Agung Budi Santoso
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1800842 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas