Minggu, 21 Desember 2014
Tribun SelebTribunnews Seleb

Dul Kecelakaan, Dhani Terancam Kehilangan Hak Asuh Anak

Senin, 9 September 2013 00:38 WIB

Dul Kecelakaan, Dhani Terancam Kehilangan Hak Asuh Anak
ahmaddhani.com
Ahmad Dhani bersama ketiga putranya, Al, El, dan Dul 

Laporan Wartawan Warta Kota, Heribertus Irwan Wahyu Kintoko

TRIBUNNEWS.COM – Mantan pasangan suami dan istri, Ahmad Dhani Prasetyo (41) dan Maia Estianty (38), diminta kompak dan tetap bertanggungjawab pada tiga anaknya, setelah Abdul Qodir Jaelani (13) atau Dul mengalami kecelakaan, Minggu (8/9/2013).

"Mereka (Dhani dan Maia) harus bertanggung-jawab," kata Pemerhati Anak Seto Mulyadi setelah menjenguk Dul yang tengah menjalani operasi di punggung, rusuk dan perut di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu sore.

Meski sudah resmi bercerai sejak 28 September 2008, Dhani dan Maia tak bisa melupakan tugas dan tanggung-jawab membesarkan, merawat dan mengasuh anak-anaknya begitu saja. Jika tak mampu, kata Seto, kuasa asuh bisa dicabut.

"Dalam undang-undang, kalau saja tidak mampu, kuasa asuh bisa dicabut," jelas Kak Seto. Secara hukum, hak asuh Ahmad Al Ghazali, El Jalaluddin Rumi dan Dul ada di tangan Maia.

Namun sejak berpisah, anak-anak itu tinggal bersama Dhani. "Kalau ada masalah begini, harus ditegaskan lagi, siapa yang berwenang mendapatkan (hak asuh anak)," kata Seto.

Belum lama ini Mahkamah Agung memutuskan perkara perceraian Dhani dan Maya. Secara hukum, hubungan perkawinan Maia dan Dhani telah berakhir. Putusan MA itu juga menolak gugatan Maya soal pembagian harta gono-gini.

Saat gugatan perceraian Maia terhadap Dhani diputuskan PA Jakarta Selatan, lima tahun lalu, seluruh gugatan Maia dikabulkan, mulai cerai, hak pengasuhan anak, hingga harta gono gini.

Tidak bisa menerima putusan PA, Dhani banding. Di Pengadilan Tinggi Agama (PTA) DKI Jakarta, permohonan banding Dhani juga ditolak, dan tetap menyatakan Maia tetap mendapatkan hak asuh ketiga anaknya, dan harta gono-gini.

Upaya Dhani terus berlanjut. Dhani kemudian mengajukan kasasi di MA. Usaha itu tidak membuahkan hasil. Kasasi Dhani tetap ditolak MA yang menguatkan putusan PTA DKI Jakarta. Usaha terakhirnya ditempuh.

Dhani coba mengajukan upaya Peninjauan Kembali (PK). Putusan PK belum lama ini menyatakan, MA membebaskan Al, El, dan Dul diasuh siapapun. Secara hukum, Maia tidak lagi mendapatkan hak pengasuhan anak-anak sampai ketiga anaknya memilih sendiri.

Editor: Dodi Esvandi
Sumber: Warta Kota

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas