Alex Kumara, Sosok Fenomenal yang Lahirkan Banyak Stasiun Televisi

Alex salah satu pria yang membidani kelahiran stasiun televisi swasta pertama di Indonesia, RCTI milik grup Bimantara.

Alex Kumara, Sosok Fenomenal yang Lahirkan Banyak Stasiun Televisi
ISTIMEWA
Alex Kumara 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Innalillahi wa innailaihi raajiuun. Indonesia kehilangan tokoh pertelevisian nasional. Alex Kumara dipanggil Yang Maha Kuasa pada hari ini, tepatnya pagi tadi pukul 09.22 WIB.

Redaksi Tribunnews menerima kabar, jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka di Jl Siaga Baru III Kavling 9, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Alex Kumara dikenal sebagai tokoh industri pertelevisian nasional. Mingguan Kotan pernah menulis, hampir neparuh hidupnya Alex habiskan di industri pertelevisian.

Alex salah satu pria yang membidani kelahiran stasiun televisi swasta pertama di Indonesia, RCTI, yang saat itu dirintis oleh Grup Bimantara milik Bambang Trihatmojo bersama Peter Gontha.

Alex juga terlibat dalam proses pendirian stasiun televisi SCTV, TransTV, dan tvOne.

Pria yang menyelesaikan pendidikan S1 di Teknik Elektro Universitas Trisakti, Jakarta ini, menyiapkan kelahiran RCTI selama dua tahun, dengan merancang tim ahli.

Tepat pada 1 Februari 1988, RCTI pun berdiri, yang merupakan singkatan dari Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) dengan logo kepala burung rawawali. 

Stasiun televisi ini mendapat izin siaran pertamanya dari Departemen Penerangan kala itu pada bulan November 1989 dengan jangkauan siaran masih sebatas DKI Jakarta. 

Pemirsa RCTI yang ingin menonton siaran televisi ini saat itu harus menggunakan decoder dan berlangganan.

Alex pula yang bersama timnya sukses membujuk penyanyi tenar Davide Foster bersedia menyanyi dan direkam di televisi.

Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved