Pengin Jadi Penyanyi? Sandhy Sondoro: Suara Bagus Enggak Cukup

Penyanyi Sandhy Sondoro menilai tantangan bagi para penyanyi pendatang baru adalah menemukan musik yang tepat.

Pengin Jadi Penyanyi? Sandhy Sondoro: Suara Bagus Enggak Cukup
TRIBUNNEWS.COM/Wahyu Firmansyah
Sandhy Sonoro di Sarinah, Jakarta, Rabu (5/9/2018). 

TRIBUNNEWS.COM - Penyanyi Sandhy Sondoro menilai tantangan bagi para penyanyi pendatang baru adalah menemukan musik yang tepat.

Demikian dikatakan Sandhy Sondoro saat ditemui usai jadi juri dalam acara JOOX Karaoke Superstar, di kawasan Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (31/10/2018).

"Tantangannya yang pertama adalah musik yang cocok buat dia, dia harus punya hit. Walau suaranya bagus, yang dibutuhkan adalah lagu yang tepat, yang hit," kata Sandhy Sondoro.

Tak hanya itu, Sandhy juga melanjutkan, seorang penyanyi harus memiliki aksi panggung yang baik. Menurut personel Trio Lestari itu, bukan hal mudah bagi penyanyi untuk bisa tetap diundang mengisi acara-acara off air atau on air.

"Diperlukan juga off air performance, dia harus sesuai dengan audio visualnya. Tiba-tiba dilempar suruh manggung jelek, satu kali, dua kali orang enggak mau lihat lagi," lanjutnya.

"Musik enggak main-main, orang banyak yang mikir 'ah enak kerja lhu di musik'. Ini bukan main-main. Kita main di TV misalnya, suara kita fals, sekali dua kali enggak dipakai lagi," ujar Sandhy Sondoro.

Sandhy menambahkan, selain mengandalkan suara, seorang penyanyi juga harus mempelajari eleman-eleman lain dalam bermusik.

"Dan untuk mempertahankan kualitas di musik itu, untuk eksis itu kan bukan suara aja yang diperluin. Harus tahu manajemen, musik bisnis, dan lain-lainnya," tambah Sandhy.(*)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sandhy Sondoro Beberkan Tantangan Bermusik Penyanyi Pendatang Baru"

Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved