• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 19 April 2014
Tribunnews.com

Michael Phelp Puncak Karirnya di Olimpiade Beijing

Rabu, 1 Agustus 2012 19:33 WIB
Michael Phelp Puncak Karirnya di Olimpiade Beijing
AP Photo/Wong Maye-E
Michael Phelps

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Michael Phelps akhirnya mencatatkan namanya sebagai peraih medali terbanyak pada Olimpiade modern di London Aquatics Centre,Rabu (1/8/2012) dini hari WIB. Di balik suksesnya di London, prestasinya di Olimpiade Beijing 2008 adalah puncak karir perenang asal Amerika Serikat tersebut.

Beijing menjadi saksi ketika Michael Phelps mencetak sejarah dengan berhasil menyabet emas di semua nomor renang. Parade emas Phelps dimulai dari nomor 400 meter gaya campuran. Phelps bahkan memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri dengan dua detik lebih cepat. Emas kedua diraih Phelps pada nomor 4 x 100 meter gaya bebas.

Pada nomor ini, Phelps bahkan memecahkan rekor nasional 100 meter gaya bebas dengan catatan 47,51 detik. Saat meraih emas ketiganya, Phelps memecahkan rekor dunia atas namanya pada nomor 200 meter gaya bebas. Phelps sekaligus memecahkan rekor dunia untuk ketiga kalinya dengan catatan 1 : 42,96.

Berkat emas ketiga, Phelps mencatatkan namanya sebagai atlet kelima dalam sejarah Olimpiade modern yang meraih 9 medali emas bersama Mark Spitz, Larisa Latynina, Paavo Nurmi, dan Carl Lewis. Medali emas keempatnya diraih pada nomor 200 meter gaya kupu-kupu dan mencatatkan rekor dunia dengan catatan 1 : 52,03. Uniknya, saat meraih medali emas keempatnya di Beijing, goggle milik Phelps sempat terisi air dan Phelps nyaris tidak bisa melihat apa pun di sisa 100 meter.

Medali emas keempat membuat torehan medali ke-10 Phelps dan membuatnya menjadi atlet terbanyak yang meraih meraih emas di nomor individual di era Olimpiade modern. Tak sampai satu jam setelah emas keempat, Phelps kembali berjaya di nomor 4 x 200 meter gaya bebas bersama Ryan Lochte, Ricky Barens, dan Peter Vanderkaay.

Emas kelimanya juga diraih dengan manis setelah menghantarkan tim Amerika Serikat memecahkan rekor dunia nomor tersebut dengan catatan 6 : 58,56. Emas keenam diraih di nomor 200 meter gaya campuran dan lagi-lagi memecahkan rekor dunia dengan catatan 1 : 54,23. Emas ketujuhnya diraih dengan sedikit keberuntungan. Pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu, Phelps unggul tipis 0,01 detik atas perenang Serbia Milorad Cavic dan memecahkah rekor Olimpiade dengan catatan 50,40 detik.

Kemenangannya pun sempat memicu kontroversi karena diprotes kubu Serbia yang menganggap Cavic menyentuh finis lebih dulu daripada Phelps. Emas ketujuh membuat Phelps menyamai pencapaian Mark Spitz. Kemenangan ini sekaligus membuat Phelps meraih emas kelima di level individu pada Beijing 2008 sekaligus menyamai catatan Eric Heiden pada Olimpiade Musim Dingin 1980 dan menyamai Vitali Scherbo pada Olimpiade Musim Panas 1992.

Pada 17 Agustus 2008, Phelps meraih medali emas kedelapan pada nomor 4 x 100 meter gaya campuran. Phelps mematahkan rekor Mark Spitz sekaligus mengukir rekor dunia dengan menyabet medali emas di semua nomor cabang renang.

Baca juga:

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Toni Bramantoro
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
785701 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas