• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 1 September 2014
Tribunnews.com

Michael Phelps Peraih Medali Terbanyak di Olimpiade Modern

Rabu, 1 Agustus 2012 19:28 WIB
Michael Phelps Peraih Medali Terbanyak di Olimpiade Modern
zimbio
Michael Phelps

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Michael Phelps akhirnya mencatatkan namanya sebagai peraih medali terbanyak pada Olimpiade modern di London Aquatics Centre,Rabu (1/8/2012) dini hari WIB.

Medali emas di nomor 4x200 meter gaya bebas membuat perenang asal Amerika Serikat (AS) tersebut melewati pencapaian pesenam Uni Soviet, Larisa Latynina yang mengumpulkan 18 medali. Michael Phelps memulai debutnya pada Olimpiade Athena 2004. Di Olimpiade pertamanya, Phelps turun di enam nomor.

Emas pertamanya diraih pada nomor 400 meter gaya campuran individual, Phelps menang mudah dan menorehkan rekor dunia dengan 4 menit dan 8,41 detik. Beberapa hari kemudian, Phelps meraih medali perunggu di nomor 4 x 100 meter bersama Ian Crokcer, Neil Walker, dan Jason Lezak. Berikutnya, pada nomor 200 meter gaya bebas, Phelps kembali meraih perunggu di belakang Ian Thorpe dan Pieter van den Hoogeband.

Pada nomor 200 meter gaya kupu-kupu, Phelps finis di urutan terdepan dengan raihan waktu 1 menit dan 54,4 detik. Raihan waktu ini memecahkan rekor Olimpiade atas nama Tom Malchow. Sejam kemudian, pada nomor 4 x 200 meter, bersama Ryan Lochte, Peter Vanderkaay, dan Klete Keller, Phelps meraih kembali meraih medali emas. Dua hari berselang, di nomor 200 meter gaya campur individual, Phelps kembali memecahkan rekor Olimpiade dengan catatan 1 : 57,14 dan finis di urutan terdepan.

Pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu, Phelps meraih emas setelah unggul 0,04 detik atas rekan senegaranya, Ian Crocker. Di nomor 4 x 100 meter gaya campuran, Phelps kembali mendulang emas. Di Athena, Phelps total meraih enam medali emas dan dua perunggu. Meski ketika itu masih berusia 19 tahun, secara individu, Phelps nyaris menyamai torehan 7 medali emas di belakang Mark Spitz (Muenchen 1972).

Meski begitu, Michael Phelps juga mencatatkan diri sebagai perenang pria kedua yang pernah meraih lebih dari dua gelar individu dengan total raihan 4 medali, menyamai catatan Mark Spitz.

Baca juga:

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Toni Bramantoro
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
785691 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas