Minggu, 29 Maret 2015
Tribunnews.com

Rekor yang Tertua dan Termuda di Olimpiade London 2012

Selasa, 14 Agustus 2012 20:22 WIB

Rekor yang Tertua dan Termuda di Olimpiade London 2012
net
Katie Ledecky

TRIBUNNEWS.COM – Gelaran akbar Olimpiade 2012 sudah paripurna. Namun selalu banyak kisah menarik yang layak dikedepankan dari ajang multievent tersebut.

Olimpiade menghadirkan aroma kompetisi yang sengit di antara ratusan hingga ribuan atlet yang berpartisipasi. Selain menghadirkan kompetisi sengit, Olimpiade juga menunjukkan keramahan bagi siapa pun, tidak pedui umur hingga fisik seorang atlet. Buktinya, sprinter tuna daksa asal Afrika Selatan, Oscar Pistorious, bisa berlaga di nomor 400 meter pria di London 2012.

Selain ramah terhadap atlet berkebutuhan khusus, Olimpiade London 2012 terbuka bagi semua umur, tua maupun muda. London 2012 menjadi ajang unjuk gigi bagi sejumlah atlet yang berkompetisi di usia senja maupun seumur jagung.

Olimpiade pernah mencatatkan Oscar Swahn sebagai atlet tertua yang pernah berkompetisi di Olimpiade. Penembak asal Swedia tersebut berumur 72 tahun saat membela Swedia di Olimpiade Antwerp 1920.

Di Antwerp, meskipun sudah uzur, Swahn berhasil menorehkan catatan bagus, posisi keempat di nomor single shot running dear dan posisi kedua pada nomor double shot running dear. Hingga kini, Swahn pun tercatat sebagai atlet tertua dan peraih medali perak tertua di Olimpiade.

Ada yang tertua, ada juga yang termuda. Dimitrios Loundras tercatat sebagai atlet termuda sepanjang sejarah Olimpiade. Di Olimpiade Athena 1986, Loundras tampil membela Yunani pada cabang senam ketika umurnya masih 10 tahun dan 218 hari.

Bukan hanya sekedar tampil, Loundras berhasil meraih medali perunggu pada nomor beregu. Hingga saat ini Loundras tercatat sebagai atlet termuda dan peraih medali termuda sepanjang sejarah Olimpiade.

Halaman12
Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Dodi Esvandi
Sumber: Tribun Jakarta
KOMENTAR

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas