Jumat, 19 Desember 2014
Tribunnews.com

Kalbar Bisa Raih Emas Balap Sepeda PON Riau

Minggu, 26 Agustus 2012 17:16 WIB

Kalbar Bisa Raih Emas Balap Sepeda PON Riau
antara
Johnny Van Aert

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK - Mantan atlet balap sepeda, Johnny Van Aert (57) menyatakan, Kalbar berpotensi meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 di Riau dari balap sepeda.

"Peluang medali emas berada pada atlet balap sepeda putri Kalbar, untuk nomor individual, yakni Fitriyani yang pada PON 2008 di Kalimantan Timur berhasil meraih perunggu," kata Johnny Van Aert di Pontianak, Minggu.

Ia menjelaskan, waktu itu, Fitriyani berpeluang meraih medali emas. "Sayangnya, dia (Fitriyani) waktu itu terjatuh sehingga hanya meraih medali perunggu," ungkap Johnny pernah peraih medali emas perorangan "Road race" 180 kilometer pada SEA Games X tahun 1979 di Jakarta.

Menurut dia, bukan berarti tujuh atlet balap sepeda Kalbar yang akan dikirim ke PON Riau tidak berpeluang meraih medali. "Bisa saja medali emas disumbangkan oleh atlet balap sepeda yang lainnya," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalbar Firdaus Zar’in menyatakan, para atlet yang akan dikirim ke PON 2012 di Riau tetap menjalani latihan selama bulan Ramadhan.

"Tetapi kami tidak menginginkan para atlet peserta PON di Riau sampai mengalami cedera saat menjalani latihan sepanjang bulan Ramadhan," ujarnya.

Sekretaris KONI Kalbar menambahkan, ada sembilan cabang olahraga andalan yang siap menyumbang emas pada PON di Riau, yakni cabang olahraga tersebut, yakni aeromodeling, anggar, angkat berat/besi, atletik, balap motor, bilyard, tarung derajat, tinju dan wushu.

Ia menjelaskan, semua persiapan sudah dilakukan sejak Januari hingga saat ini. Menurut Firdaus, selain mengirim atlet andalan, KONI Kalbar juga akan mengirim delapan cabang olahraga harapan, di antaranya balap sepeda, dayung, gulat, karate, panahan, panjat tebing, taekwondo, dan terjun payung.

Sementara itu, KONI Kalbar juga akan mengirim sebanyak 10 cabang olahraga partisipan, yakni basket, catur, kempo, pencak silat, renang, selam, sepak takraw, tenis lapangan, tenis meja, voli dan judo, kata Firdaus.

"Kami menargetkan meraih delapan hingga sepuluh medali emas dari cabang olahraga andalan tersebut, dan tidak menutup kemungkinan juga disumbangkan oleh harapan dan partisipan meskipun kecil kemungkinannya, tetapi bisa saja terjadi," ujarnya.

Data KONI Kalbar ada sekitar 181 atlet yang akan dikirim pada PON 2012 di Riau, atau mengalami penambahan sekitar 81 atlet dibanding jumlah atlet yang kirim pada PON 2008 di Kaltim sekitar 100 atlet.

Editor: Toni Bramantoro
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas