• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Tribunnews.com

Inilah Daftar Line-up Pembalap MotoGP 2013

Senin, 12 November 2012 06:08 WIB
Inilah Daftar Line-up Pembalap MotoGP 2013
net
Pembalap Italia, Valentino Rossi, di atas motot Ducati. Musim depan Rossi akan kembali ke tim pabrikan asal Jepang, Yamaha

TRIBUNNEWS.COM - MotoGP 2012 telah tuntas digelar selama 18 seri, setelah balapan pamungkas MotoGP Valencia digelar tadi malam, Minggu (11/11/2012). Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo telah sempurna menjadi juara dunianya. Kini para rider mulai menatap persaingan baru di musim 2013.

Rincian dari 18 pembalap tersebut terbagi dalam kategori tim dan pembalap yang memakai motor prototipe (pabrikan) yang jumlahnya 12 pembalap, sedangkan sisanya adalah peserta yang termasuk kategori CRT (Claiming Rule Team).

Juara dunia MotoGP 2007 dan 2011, Casey Stoner telah menyatakan diri untuk pensiun di akhir musim 2012 ini. Sehingga, namanya tidak akan lagi tercantum dalam deretan pembalap MotoGP tahun depan.

Juara dunia tujuh kali, Valentino Rossi akan kembali menjadi pembalap tim Yamaha dan berduet dengan Jorge Lorenzo. Mereka akan memakai motor YZR-M1.

Setelah ditinggal Stoner, Repsol Honda akan memakai duet pembalap Spanyol yaitu Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Pedrosa merupakan runner-up MotoGP 2012, sedangkan Marquez adalah pembalap yang menjadi juara Moto2 2012. Keduanya akan memakai motor Honda RC213V.

Ben Spies, pembalap asal Amerika Serikat yang juga mantan rekan setim Lorenzo di Yamaha 2012 pindah tim ke Pramac Racing di 2013. Ia akan berduet dengan pembalap Italia, Andrea Iannone untuk sama-sama memakai motor Ducati Desemosedici GP13. Di 2012, Iannone adalah pembalap Moto2.

Tempat di tim Ducati yang ditinggalkan oleh Valentino Rossi akan ditempati oleh Andrea Dovizioso. Pembalap asal Italia itu sebelumnya pernah jadi rider Repsol Honda dan Monster Yamaha Tech 3. Sedangkan Nicky Hayden tetap menjadi pembalap Ducati.

Setelah Dovizioso pindah ke Ducati, maka Bradley Smith (pembalap Tech3 di kelas Moto2 di 2010 dan 2011) naik level menjadi pembalap tim Monster Yamaha Tech3 di kelas MotoGP 2013. Tim satelit Yamaha ini menggunakan dua rider Inggris. Smith akan berbagi garasi dengan "senior"-nya di Tech3, Cal Cruthlow.

Dua pembalap yang memakai motor prototipe lainnya adalah pembalap Spanyol, Alvaro Bautista, dan pembalap Jerman Stefan Bradl. Meski sama-sama memakai motor Honda RC213V, kedua pembalap ini beda tim. Bautista di tim Gresini Racing, sedangkan Bradl di tim LCR Honda MotoGP. Keduanya adalah tim satelit Honda.

Sehingga dari 12 pembalap prototipe tersebut, ada empat pembalap yang memakai Ducati Desmosedici GP13, empat yang memakai Honda RC213V, dan empat pembalap yang memakai Yamaha YZR-M1.

Di tim CRT, baru ada enam pembalap yang telah resmi terdaftar. Mereka adalah Karel Abraham (Cardion AB Motoracing), Randy de Puniet dan Aleix Espargaro (Power Electronic Aspar), Hiroshi Aoyama dan Hector Barbera (Avintia Blussens), dan Colin Edwards (Forward Racing). Tim Forward Racing baru mengumumkan Colin Edwards sebagai pembalap masih ada satu tempat pembalap lagi yang belum diumumkan. Sedangkan dua pembalap dari tim Paul Bird Motorsport dan satu pembalap dari IodaRacing Project belum disebutkan namanya secara resmi.

Sampai saat ini baru ada 18 pembalap yang sudah memastikan diri untuk bersaing di MotoGP 2013. Jumlah ini masih bisa bertambah lagi, minimal empat pembalap lagi. Sehingga jumlah mencapai 22 pembalap.

Perubahan di tim terjadi di Cardion AB Motoracing, mereka tak lagi bekerja sama dengan Ducati dan akan beralih memakai motor spesifikasi CRT dari ART-Aprilia. Sedangkan tim Paul Bird Motorsport menambah jumlah pembalap jadi dua.

Balapan pertama MotoGP 2013 akan dimulai 31 Maret 2013 di seri balap pertama yang digelar malam hari di Qatar. Jumlah seri digelar sebanyak 19 seri, lebih banyak satu seri dibandingkan dengan MotoGP 2012. (Tribunnews/mba)

Tim dan Pembalap MotoGP:

Yamaha YZR-M1

  1. Jorge Lorenzo (Spanyol)
  2. Valentino Rossi (Italia)

Honda RC213V

  1. Dani Pedrosa (Spanyol)
  2. Marc Marquez (Spanyol)

Ducati Desmosedici GP13

  1. Nicky Hayden (AS)
  2. Andrea Dovizioso (Italia)

Monster Yamaha Tech3 YZR-M1

  1. Cal Crutchlow (Inggris)
  2. Bradley Smith (Inggris)

Gresini Racing RC213V

  1. Alvaro Bautista (Spanyol)

LCR Honda MotoGP RC213V

  1. Stefan Bradl (Jerman)

Pramac Racing Desmosedici GP13

  1. Andrea Iannone (Italia)
  2. Ben Spies (AS)

Claiming Rule Teams

Cardion AB Motoracing

  1. Karel Abraham (Rep Ceko)

IodaRacing Project

Power Electronics Aspar

  1. Randy de Puniet
  2. Aleix Espargaró

Avintia Blusens

  1. Hiroshi Aoyama
  2. Héctor Barberá

Forward Racing

  1. Colin Edwards

Paul Bird Motorsport 

Editor: Dodi Esvandi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1122631 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas