Sabtu, 20 Desember 2014
Tribunnews.com

Gusur Pemain China, Hayom ke Babak Kedua India Terbuka

Rabu, 24 April 2013 19:32 WIB

Gusur Pemain China, Hayom ke Babak Kedua India Terbuka
NET
Dionysius Hayom Rumbaka

TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI - Tunggal putra Indonesia, Dionysius Hayom Rumbaka, berhasil melewati rintangan berat pada babak pertama turnamen India Terbuka Superseries, Rabu (24/4/2013) di Siri Fort Indoor Stadium, New Delhi.

Setelah berjuang selama 1 jam 1 menit, pemain Pelatnas ini menang 24-22, 19-21, 21-14 atas pemain China, Yuekun Chen.

Ini tentu saja menjadi sebuah awal yang bagus bagi Hayom, yang kerab tersingkir di babak awal. Selanjutnya, Hayom akan bertemu pemenang antara pemain India, Ajay Jayaram, dengan pemain Rusia, Vladimir Malkov, untuk memperebutkan tiket ke babak perempat final turnamen berhadiah 200.000 dolar AS ini.

Duel ini berlangsung sangat ketat. Pada game pembuka, Hayom lebih banyak tertinggal. Sempat mengejar dan menyamakan kedudukan menjadi 16-16, Hayom kembali harus berada di belakang dan sempat dalam keadaan kritis setelah lawan meraih game point 20-19. Tetapi Hayom bisa bertahan untuk memaksa deuce dan menang 24-22.

"Saya tidak mau mengikuti permainan dia yang cepat tapi lebih banyak mengatur bola. Kalau saya meladeni permainan cepatnya, lawan pasti senang. Di poin-poin kritis saya juga lebih sabar dan tidak buru-buru," ujar Hayom, seperti dikutip dari situs resmi PB PBSI.

Namun di game kedua, Hayom justru tak bisa mempertahankan konsistensinya. Sudah unggul jauh 10-4, dia malah tertahan karena lawan bisa meraup tujuh poin untuk balik memimpin 11-10. Setelah itu, Hayom tak pernah bisa memimpin lagi hingga kemudian kalah 19-21.

"Saat itu lawan mengubah permainan, dari defense balik serang, dan saya tidak siap dengan perubahan ini. Dia begitu sering mengubah permainan dengan cepat sepanjang pertandingan itu," tambah Hayom.

Seperti pada game pembuka, di game penentuan pun duel berlangsung sengit, karena terjadi kejar-mengejar poin. Tetapi setelah kedudukan imbang 8-8, Hayom, yang sempat mendapatkan perawatan akibat rasa sakit pada lutut, mulai mengontrol jalannya pertandingan. Tiga poin yang diraihnya membuat dia unggul 11-8, dan terus menjauh hingga akhirnya menang 21-14.

"Tidak begitu bermasalah, hanya terasa  nyeri saja, setelah disemprot penahan rasa sakit agak mendingan," ujar Hayom

"Kemampuan kami seimbang, saya masih bisa mengendalikan lawan hari ini," tambah Hayom.
Indonesia masih memiliki tiga wakil lagi di tunggal putra yaitu Taufik Hidayat, Tommy Sugiarto dan Simon Santoso. Taufik menghadapi unggulan kelima dari India, Kashyap Parupalli, Tommy bertemu pemain tuan rumah lainnya Gurusaidutt RMV, dan Simon menantang unggulan ketiga dari Hongkong, Hu Yun.

Editor: Ravianto
Sumber: Kompas.com
BBC

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas