• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribunnews.com

kuda "Red Silenos" Sabet Piala Gubernur Sumbar

Minggu, 5 Mei 2013 21:30 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gelanggang pacuan kuda Pulo Mas, Jakarta Timur, hari Minggu (5/5/2013) kembali disemaraki perlombaan kuda-kuda pacu terbaik dari sejumlah daerah di Indonesia melalui gelaran event Minang Derby 2013.

Tercatat sebanyak 102 ekor dari DKI Jaya, Sumbar, Riau, Sumut, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Kalsel, NTT, dan Maluku Utara bersaing di 12 kelas, memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Barat dan hadiah uang total sebesar Rp 170 juta.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs. H. Muslim Kasim, Ak, MM. Datuk Sinaro Basa membuka resmi perlombaan yang banyak menarik minat para pemilik peternakan kuda dan kuda pacu dari berbagai daerah di tanah air ini.

Didampingi Ketua Umum PP Pordasi Chaidir 'Eddy' Saddak serta walikota dan bupati se Sumbar, Wagub Drs. H.Muslim Kasim memberikan apresiasinya pada upaya PP Pordasi yang terus menggalakan perlombaan kuda pacu guna lebih merangsang pertumbuhan ternak kuda di Indonesia, serta meningkatkan kecintaan pada olahraga berkuda.

Dari total hadiah uang Rp 170 juta, panitia penyelenggara dari PP Pordasi dan Pengprov Pordasi Sumbar mengalokasikan hadiah uang pembinaan untuk perlombaan di kelas-kelas remaja dan pemula. Hadiah uang pembinaan terbesar tetap diberikan untuk kelas utama, yakni Rp 120, sementara kelas remaja Rp 25 juta, kelas pemula A/B Rp 20 juta dan kelas pemula Rp 15 juta.

Di arena perlombaan, kuda "Red Silenos" milik Syafa Mus dari Taliabo stable (Malut) yang ditunggangi joki S.Dedi tampil menawan untuk menjadi juara pada kelas bergengsi atau utama yang memperebutkan Piala Gubernur Sumbar dan Piala Bergilir Minang Derby. Piala dan hadiah uang untuk kelas 'Derby Minang' kelas 3 tahun dan jarak 1600 meter ini disampaikan langsung oleh Wagub Sumbar Drs.H.Muslim Kasim kepada Hj. Nurakhmah Mus, pemiliknya.

Membuntuti "Red Silanos" di kelas utama 3 tahun jarak 1600 meter pada 'Derby Minang' itu adalah kuda "Berbatov" yang ditunggangi joki Wawan, dan juga milik keluarga Hafa Mus yang bernaung di Taliabo stable. Peringkat ketiga, kuda "Saabil", dengan joki A Rahmat, milik keluarga Asrijal dari Sawahlunto stable (Sumbar).

Yang menarik, pada persaingan kelas remaja jarak 1400 meter, ikut bersaing kuda milik ketua DPR DR Marzuki Alie. Namun, kuda "Nabill" yang ditunggangi joki A.Rahmat itu hanya mencapai finis di urutan kedua. Pemenang kelas yang memperebutkan Piala Ketua Umum PP PORDASI ini adalah kuda 'Berbatov' yang ditunggangi joki Wawan, dan pemiliknya juga Hafa Mus dari Taliabo stable (Malut). Pemenang ketiga, kuda " Diamondy War " dengan joki S. Dedi, milik Paulina S. Halim (Queen stable/Jabar).

Pada kelas pemula A/B jarak 1.200 meter memperebutkan Piala Walikota Bukittinggi, gelar juara direbut kuda "Djohar Manik" yang ditunggangi joki J. Turangan, milik Aragon & Tombo Ati stable dari Jateng. Pemenang kedua, kuda "Lap Alap" dengan joki T. Pantow, milik H. Syakur dari Cahaya Bulan stable (Jatim), sementara pemenang ketiga kuda "Cahaya Lilin" dengan joki J. Runtu, milik Ny. Silvana Cecilia (King Halim stable/Sumbar).

Pada kelas Pemula C/D jarak 1.000 meter memperebutkan Piala Ketua HBT Padang, gelar juara direbut kuda "Yoker" dengan joki. J. Nayoan, pemiliknya Hj. Haryati dari BHM Stable (Kalsel). Pemenang kedua, kuda "Anemoi", dengan joki J. Runtu, milik Cheng Kwok Kwai (Jatim), sementara pemenang ketiga kuda "Dewi Anugrah " dengan joki F. Lepah, milik H. Taufiq dari Berkah Anugrah stable (Jatim).

Editor: Toni Bramantoro
0 KOMENTAR
1749472 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas