Senin, 22 Desember 2014
Tribunnews.com

Hamilton dan Mercedes Fokus pada Kualifikasi GP Monaco

Rabu, 22 Mei 2013 07:13 WIB

Hamilton dan Mercedes Fokus pada Kualifikasi GP Monaco
AFP
Lewis Hamilton 

TRIBUNNEWS.COM – Kubu Mercedes diunggulkan di balapan Formula One di Monaco, akhir pekan ini. Tiga balapan terakhir, dua pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, dan Nico Rosberg selalu tercepat saat kualifikasi, namun melempem saat balapan sesungguhnya.

Namun sirkuit jalan di Monte Carlo ini dikenal sempit hingga sulit untuk menyalip, dan ini jadi keuntungan besar kubu Mercedes. Kendati di atas angin, Hamilton memilih merendah.

"Kami tak punya banyak waktu sejak Seri Barcelona. Kami pun bekerja keras untuk melupakan hasil mengecewakan dan fokus meraih peluang yang ada. Kami harus terus mencari motivasi dan bekerja sama dengan baik," ujarnya.

Demi meraih hasil lebih baik di sirkuit jalanan Monte Carlo, pebalap Inggris itupun mengaku akan mengajak timnya bekerja keras sejak sesi latihan bebas hari Jumat (24/5/2013).

"Dibandingkan sirkuit lain, sesi kualifikasi dan posisi start lebih krusial di Monako. Namun kami akan fokus menghadapi balapan dan mencoba meningkatkan ritme balap kami. Semua orang di Mercedes bekerja sangat keras dan saya yakin kami bisa meraih hasil baik," kata pembalap yang berada di peringkat keempat pada klasemen sementara pebalap dengan 50 poin ini.

Mengingat lintasan sirkuit yang sempit para pembalap memang fokus agar bisa jadi yang terdepan saat start. Seperti juga yang dikatakan Felipe Massa. Pembalap asal Brasil yang dua pekan lalu naik podium untuk kali pertama musim ini di sirkuit Catalunya, dengan finis ketiga, menegaskan bahwa Ferrari harus berusaha keras untuk bisa meraih hasil bagus saat kualifikasi, Sabtu (25/5/2013).

"Secara umum, kami melakukan start yang positif di setiap balapan. Di beberapa balapan kami melakukan start dengan sangat baik, tapi di beberapa balapan, Bahrain misalnya, kami mendapat masalah yang menyebabkan hilangnya beberapa poin.

"Kami sudah melakukan pengembangan tahun ini, mulai dari mobil hingga kerja tim. Kami menunjukkan kalau kami siap bersaing, dan kami masih bisa berkembang, terutama di kualifikasi. Kami sedang berusaha untuk mewujudkannya," papar Massa.

"Kamu harus berusaha sampai batas maksimal di sana. Sirkuit ini sangat dekat dengan pembatas dan tidak ada tempat untuk membuat kesalahan. Posisi start di sirkuit ini jadi paling penting dibanding lintasan lain, dan kami berharap bisa melakukannya dengan baik Sabtu nanti. Tujuan saya sangat sederhana, selalu berjuang untuk meraih podium," tutur Massa yang berada di posisi lima klasemen sementara dengan 45 poin, tertinggal 44 dari Sebastian Vettel di puncak.

Hal senada diutarakan pembalap Lotus, Kimi Raikkonen. "Kami harus fokus pada kualifikasi. Ini adalah sirkuit yang sulit untuk membalap karena sempit, dan seperti saya bilang sebelumnya, menyalip di sini hampir tidak mungkin," kata pembalp yang saat ini berada di posisi dua klasemen sementara dengan 85 poin ini.

"Kami akan melakuan yang terbaik, tapi tentu saja tim lain juga akan berusaha untuk berada di baris depan. Ini bukan tidak mungkin buat kami, tapi kami tidak akan tahu seberapa bagus sampai kami berada di sana," papar pebalap Finlandia tersebut.

Raikkonen menyelesaikan lima seri musim ini dengan cukup bagus, hanya sekali finis di luar dua besar. Pebalap Lotus ini keluar sebagai juara pada seri pembuka di Australia. Setelah finis ketujuh pada seri kedua di Malaysia, dia selalu finis kedua di tiga seri berikutnya. (Tribunnews.com/den)

Penulis: deny budiman
Editor: Dodi Esvandi
BBC

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas