Minggu, 5 Juli 2015
Tribunnews.com

Renang Incar 10 Medali Emas di ISG

Senin, 23 September 2013 19:23 WIB

Renang Incar 10 Medali Emas di ISG
Bangka Pos/Resha Juhari
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Tim tuan rumah Indonesia menargetkan 10 medali emas cabang renang pada perhelatan olahraga negara-negara Islam atau "Islamic Solidarity Games III" di Palembang, 22 September-1 Oktober 2013, dengan mengandalkan sejumlah atlet nasional.

"Pada cabang olahraga renang diperebutkan 40 medali emas oleh 18 negara, dan Indonesia sendiri selaku tuan rumah optimistis dengan raihan 10 medali emas," kata Pelatih Tim Nasional Indonesia Albert C Sutanto seusai memimpin latihan di Arena Akuatik Kompleks Olahraga Jakabaring, Senin.

Ia mengemukakan, Timnas Indonesia diperkuat 20 orang atlit, terdiri atas 11 orang putri dan 9 orang putra. Beberapa nama di antaranya merupakan andalan Indonesia dalam berbagai ajang internasional, seperti I Gede Siman Sudartawa, Triadi Fauzy, Yessy Vennisa Yosaputra, dan Monalisa Arieswaty Lorenza.

"Harapan tentunya tertumpu pada Siman karena pada SEA Games tahun 2011 meraih empat medali emas yakni tiga emas nomor perorangan gaya punggung (jarak 50 meter,100 meter, dan 200 meter), dan satu medali emas nomor estafet 4x100 meter gaya ganti," ujarnya.

Namun, tidak menutup kemungkinan munculnya atlet lain mampu menyumbangkan medali seperti Triadya Fauzy yang tercatat sebagai peraih tujuh medali emas dan satu perak pada PON Riau tahun 2012. "Triadi memiliki peluang, apalagi baru-baru ini meraih emas pada Kejuaraan Singapore National Age 2013 pada nomor 50 meter gaya bebas putra kelompok senior," katanya.

Terkait dengan negara pesaing, mantan perenang nasional ini menyatakan tidak mengetahui secara detail kekuatan masing-masing negara. Namun, ia memastikan setiap negara telah memiliki nomor-nomor andalan, seperti Indonesia yang membidik nomor gaya punggung putra (50 meter, 100 meter, dan 200 meter, 4x100 meter estafet), gaya bebas 100 meter putra, gaya punggung 200 meter putri.

"Secara keseluruhan saya buta kekuatan negara asal Timur Tengah, tapi jika melihat latihan pada hari ini memang terdapat atlet yang handal pada nomor tertentu," katanya.

Halaman12
Editor: Toni Bramantoro
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas