• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 21 April 2014
Tribunnews.com

Peringatan HSP 2013, Kemenpora Napak Tilas Perjuangan Pemuda

Senin, 21 Oktober 2013 15:39 WIB
Peringatan HSP 2013, Kemenpora Napak Tilas Perjuangan Pemuda
tribunnews.com/glery
Roy Suryo di Gedung Sumpah Pemuda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengumumkan serangkaian acara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-85, yang akan jatuh pada Senin 28 Oktober 2013.

Menpora Roy Suryo sengaja memilih museum Sumpah Pemuda, Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta untuk mengumumkan agenda kegiatan. Pengumuman dilakukan pada Senin (21/10/2013) siang.

“Saya memilih tempat ini supaya teman – teman ikut merasakan tempat organisasi pemuda yang 85 tahun lalu melakukan kongres. Ini dijadikan sebagai tradisi yang juga akan dilakukan pada even lain,” ujar Roy.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) 2013 akan dilangsungkan mulai Rabu 23 Oktober 2013. “Dilakukan dengan memanjatkan doa kepada Tuhan YME kepada tokoh pendahulu. Kami menjadwalkan ziarah ke makam tokoh pemuda, Sugondo Jojopuspito di Yogyakarta,” tutur Roy.

Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) 2013 akan diadakan di kota Samarinda, Kalimantan Timur sekaligus bersamaan dengan pelaksanaan Jambore Pemuda Indonesia dan Merajut Indonesia. Pelaksanaan kegiatan dipusatkan di Stadiun Palaran pada 28 Oktober 2013. Tema HSP 2013 mewujudkan pemuda yang santun, cerdas, inspiratif, dan berprestasi.

“Tema itu merupakan pesan kepada kita semua, khususnya pemuda Indonesia perlunya meyakinkan dunia bahwa kita adalah generasi pemuda yang tetap memelihara kesantunan di tengah berbagai perubahan nilai moral dan sosial yang melanda dunia,” kata Roy.

Dalam pelaksanaan HSP 2013, Kemenpora akan memberikan penghargaan kepada pemuda – pemuda berprestasi dan media cetak yang pro pemuda serta penilaian dinas pemuda dan olahraga terbaik se-Indonesia.

Kemenpora juga telah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan donor darah serentak di setiap Kota/Kabupaten dan Provinsi di Indonesia.

Ketua Bidang PMR dan Relawan, Teknoogi Informasi, Muhammad Muas mengatakan, melalui perayaan hari sumpah pemuda PMI mengajak pemuda di Indonesia untuk peduli terhadap sesama.

“Komitmen bersama pemerintah dengan PMI melakukan kegiatan donor darah. Ormas pemuda banyak di Indonesia, tetapi sulit dicapai oleh PMI. Gerakan dari Kemenpora mudah-mudahan cikal bakal menarik minat kaum muda untuk mendonorkan darah,” tuturnya di tempat yang sama.

“Kegiatan donor darah ini serentak akan dilakukan di 400 Kota/Kabupaten dan 33 Provinsi di Indonesia. Kami menargetkan memperoleh 10 ribu kantong darah,”.‬

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Toni Bramantoro
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2431532 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas