Home »

Sport

»

Balap

Dua Pebalap Indonesia Finis Podium di Suzuka 4 Hours

Dua pebalap Indonesia, Andi Farid Izdihar dan Aditya Pangestu Hanafi, mencatat hasil fantastis pada balapan Suzuka 4 Hours

Dua Pebalap Indonesia Finis Podium di Suzuka 4 Hours
AHM
Pebalap Astra Honda Racing Team, Andi Farid Izdihar, bersiap meninggalkan paddock setelah pit stop keempat pada balapan Suzuka 4 Hours di Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (25/7/2015). 

TRIBUNNEWS.COM - Dua pebalap Indonesia, Andi Farid Izdihar dan Aditya Pangestu Hanafi, mencatat hasil fantastis pada balapan Suzuka 4 Hours yang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (25/7/2015). Bersama Astra Honda Racing Team, mereka berhasil finis kedua.

Andi Farid yang biasa disapa Gilang, turun sebagai rider pertama. Ia mengawali balapan dengan sangat baik. Start dari posisi kelima, pebalap 17 tahun ini naik ke urutan ketiga. Pada putaran berikutnya, dia sudah berada di posisi kedua, dan naik lagi ke urutan pertama pada lap ketiga.

Sayangnya, safety car keluar pada lap kelima yang memangkas keunggulan Gilang. Setelah safety car meninggalkan lintasan, posisi Gilang turun ke urutan ketiga pada lap ke-8.

Gilang bisa memperbaiki posisinya ke urutan kedua ketika balapan berjalan 10 putaran. Setelah menyelesaikan 22 putaran, Gilang melakukan pit stop, dan giliran Aditya yang turun ke lintasan.

Aditya menyelesaikan 18 putaran lalu kembali ke pit pada akhir lap ke-40. Saat kembali ke lintasan, Gilang berada di urutan ketujuh. Perlahan, dia mulai mengejar pebalap lain. Pada lap ke-59, Astra Honda Racing Team berada di urutan ketiga.

Gilang kembali menyelesaikan 22 putaran sebelum kembali ke pit untuk berganti pebalap pada akhir lap ke-62. Aditya menyelesaikan lap ke-63 dengan berada di urutan keenam, tetapi ada empat pebalap di depannya yang belum melakukan pit ketiga.

Pada akhir lap ke-65, Aditya membawa Astra Honda Racing Team kembali ke posisi ketiga. Pada putaran berikutnya, dia naik ke posisi kedua, di belakang TTS Racing.

Pada lap ke-69, Raditya terlewati Hazlanshah yang membela Team Bike ART. Aditya kambali ke pit setelah lap ke-76 untuk melakukan pit stop keempat.

Gilang yang turun untuk kali terakhir berada di urutan keenam dengan waktu balapan tersisa sekitar 45 menit.

Pada lap ke-82, safety car kembali keluar. Gilang yang berada di posisi kelima punya kesempatan memperbaiki posisi karena jarak dengan pebalap-pebalap di depan jadi lebih dekat.

Pada akhir lap ke-85, Gilang sudah berada di urutan ketiga, di belakang tim TTS Racing dan Club Moto Labo. Pada lap berikutnya, dia berhasil naik ke posisi kedua.

Ketika balapan tersisa 12 menit, TTS yang memimpin balapan melakukan pit stop keempat. Mereka mengamankan posisi di urutan pertama karena keunggulan jarak yang cukup jauh dari Gilang.

TTS akhirnya finis pertama, sementara Gilang berhasil mempertahankan posisinya di urutan kedua hingga akhir balapan.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help