Home »

Sport

Wulan Guritno hingga Menpora Ramaikan BRI Mekaki Marathon di Lombok Barat

Peserta akan melewati hutan, perkampungan, pinggiran pantai dengan gili-gili yang berjejer, serta perbukitan.

Wulan Guritno hingga Menpora Ramaikan BRI Mekaki Marathon di Lombok Barat
Istimewa
BRI Marathon 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Bagi penikmat olahraga lari, mengikuti ajang BRI Mekaki Marathon 2017 menjadi pilihan yang tepat. Event lari ini menyenangkan karena menyuguhkan rute yang sangat indah dan menantang.

Dalam Konferensi Pers di FX Sudirman, Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid menyampaikan "bagi pelari, rute di sepanjang Sekotong akan sangat menantang dan menyenangkan.

Peserta akan melewati hutan, perkampungan, pinggiran pantai dengan gili-gili yang berjejer, serta perbukitan. Setelah kelelahan berlari, peserta yang mengikuti BRI Mekaki Marathon akan disambut indahnya Teluk Mekaki di garis finish.”

Bupati Fauzan Khalid mengungkapkan bahwa BRI Mekaki Marathon merupakan event lari marathon pertama kalinya di Lombok Barat. Pemda ingin mempromosikan alam wisatanya-terutama di wilayah Sekotong, melalui sport tourism. Banyak masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat Lombok sendiri belum mengetahui keindahan pantai Mekaki Sekotong.

“Orang tau Lombok Barat itu Senggigi. Padahal ada wilayah lain yang memiliki potensi berlipat seperti di Sekotong,” pungkas Ozan sapaan akrabnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Direktur Tempo, Meiki Sofyannya, yang menjadi salah satu pihak penyelenggara BRI Mekaki Marathon menyebutkan alasan penyelenggaraan event lari ini.

"Tempo selama ini berkomitmen untuk mendukung upaya-upaya pengembangan potensi daerah, dalam rangka mensejahterakan masyarakat daerah. Melihat Sekotong, khususnya Teluk Mekaki ini sangatlah potensial dikembangkan untuk menjadi destinasi pariwisata baru", ujarnya.

Sejalan dengan Tempo, ArchiSS, Juria Ambar Haruni, yang juga tergabung sebagai penyelenggara acara ini menyampaikan. "Event lari yang digelar Pemerintah Kab. Lombok Barat bekerjasama Bank BRI ini akan diikuti lebih dari 2.000 peserta. Sejumlah artis papan atas dan tokoh nasional turut meramaikan. Beberapa artis bahkan telah menyatakan akan mengikuti event lari BRI Mekaki Marathon, seperti Chicco Jerikho, Wulan Guritno, Julia Estelle, Fajar "Alexa", Shalom Razade, Lukman Sardi, sutradara Robby Ertanto. Sementara, para tokoh yang juga akan berlari dan juga meramaikan Lombok Barat di BRI Mekaki Marathon antara lain Menpora Imam Nahrowi, Gubernur Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB)."

Aktor Chicco Jerikho mengaku senang dirinya ikut di event BRI Mekaki Marathon. Selain ingin menantang diri sendiri, keterlibatannya mempromosikan pariwisata Lombok Barat menjadi kebanggaan.

“Sebuah kehormatan bisa mengikuti lomba BRI Mekaki Marathon 2017 di Lombok Barat. Lombok sangat indah. Saya bangga ikut sama-sama mengangkat pariwisata Indonesia,” kata pemeran Ben di film Filosofi Kopi itu.

Pengembangan Wisata

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata Raseno Arya mengungkap, bahwa Kementerian Pariwisata saat ini terus memberikan perhatian untuk pengembangan wisata di daerah-daerah yang memiliki potensi besar seperti Lombok.

Menurut Rosena, setiap daerah di Indonesia memiliki daya pikat masing-masing, dan semuanya bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata.

“Event BRI Mekaki Marathon ini terobosan positif untuk mengembangkan wisata Lobar. Kita harapkan ini dapat mendorong ekonomi daerah bisa berkembang," kata Raseno Arya memaparkan.

Sementara Direktur Bank BRI Sis Apik Wijayanto mengatakan pihaknya komitmen untuk mendukung penuh event Mekaki Marathon 2017. Bank BRI menilai event yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat ini akan memberikan dampak positif bagi pengembangan wisata dan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Dukungan kami diharapkan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah yang lebih baik bagi masyarakat Tanah Air khususnya masyarakat di Kabupaten Lombok Barat. Lombok memiliki potensi wisata sangat besar untuk dikembangkan” ungkapnya.

Kesiapan Teknis

Persiapan teknis event ini masih terus berjalan. Namun demikian, panitia memastikan telah siap menyambut peserta BRI Mekaki Marathon 2017. “Kita sudah melakukan pembersihan area start & finish line. Untuk menjaga kenyamanan pelari dan menghindari kecelakaan dan tabrakan,” jelas Akbar dari DnD Race Management.

Ia menambahkan, Event BRI Mekaki Marathon ini juga bekerjasama dengan maskapai Citilink dan hotel-hotel besar di Lombok Barat.

Jadi peserta tidak perlu khawatir untuk akomodasi. Ada banyak pilihan dengan harga yang spesial. Selain itu, peserta tidak perlu kawatir menuju lokasi Panitia BRI Mekaki Marathon 2017 akan menyediakan fasilitas penjemputan gratis untuk seluruh peserta. Titik penjemputan ada di Mataram, Senggigi, Lembar dan Sekotong.

BRI Mekaki Marathon rencana akan berlangsung 30 April di Teluk Mekaki, Lombok Barat, NTB. Dengan kategori yang diperlombakan meliputi kategori full-marathon (FM), half-marathon (HM), 10K dan 5K.

Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help