Advertorial

Berbeda! Maybank Bali Marathon 2017 Perkenalkan Konsep Baru

Dalam MBM 2017, sebanyak 9.000 peserta telah terdaftar. Mereka berasal dari Kenya, Ethiopia, Amerika Serikat, Australia dan berbagai negara Asia.

Berbeda! Maybank Bali Marathon 2017 Perkenalkan Konsep Baru
dok. Maybank Bali Marathon
Press Conference Maybank Bali Marathon (MBM) 2017. 

TRIBUNNEWS.COM - PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Mayabank Indonesia), Kamis (10/8/2017) mengumumkan persiapan final menjelang lomba lari internasional Maybank Bali Marathon (MBM) 2017 pada Minggu 27 Agustus 2017 mendatang di Bali.

Peserta

Dalam MBM 2017, sebanyak 9.000 peserta telah terdaftar. Mereka berasal dari Kenya, Ethiopia, Amerika Serikat, Australia dan berbagai negara Asia lainnya termasuk para penggemar olahraga lari di Indonesia yang saat ini berkembang pesat.

Dari 9.000 peserta tahun ini, sekitar 2.500 peserta berlomba pada kategori full marathon (FM-42, 195 KM) dan lebih dari 200 peserta merupakan peserta luar negeri.

Sementera peserta half marathon (HM-21,0975 KM) terdiri dari 3.500 peserta dan 400 pesertanya berasal dari luar negeri. Sedangkan peserta 10K lebih dari 360 peserta berasal dari luar negeri.

Jumlah peserta meningkat 20 persen bila dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 7.500 peserta, bahkan seluruh slot publik telah terjual dalam waktu tiga hari pertama pada periode registrasi.

Jumlah ini masih bertambah dengan peserta lomba lari anak (children sprint) sebanyak 52 peserta dan penyandang disabilitas sejauh 10K sebanyak 50 peserta.

Mengantisipasi meningkatnya peserta terutama soal faktor kenyamanan dan keamanan, panitia telah mendisain pengadaan kantong-kantong barisan pelari dan mengatur urutan start berdasarkan kategori lomba.

Panitia juga mencatat waktu terbaik (personal best-PB) peserta sehingga peserta dengan PB tercepat akan berada di depan pelari dengan PB yang lebih lambat.

Jumlah marshal yang dikerahkan juga meningkat dua kali lipat, disertai jumlah barikade jalan yang lebih banyak. Tindakan tersebut dilakukan sebab karakterisitik rute baru yang membuat para pelari bukan hanya melewati jalan-jalan kecil tapi juga akan melewati beberapa pusat keramaian.

Penyegaran

Pada MBM 2017, Maybank Indonesia melakukan sejumlah penyegaran untuk memberikan tantangan baru (new adventure) dan running experience yang lebih baik, memasuki tahun keenam penyelenggaraan sejak pertama kali dihelat pada 2012.

Rute Baru

Rute baru MBM menyusuri dua kabupaten yaitu Gianyar dan Klungkung. Tak hanya itu, rute 10K, HM hingga FM, semuanya telah mendapatkan sertifikasi dan telah disahkan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS) dan International Association of Athletics Federations (IAAF).

Pengukuran rute dilakukan oleh International Measurement Administrator Dave Cundy, yang memiliki Grade A IAAF-AIMS course measurer. Cundy juga melakukan pengukuran rute MBM sebelumnya pada 2012, rute yang dipakai hingga penyelenggaraan 2016.

 Race Pack Collection (RPC)

Berbeda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, di mana pengambilan paket lomba (race pack collection-RPC) dilakukan di ruang tertutup. MBM 2017 RPC dilakukan di tepi pantai Bali yang indah di Taman Bhagawan (Tanjung Benoa), dan akan disemarakkan dengan berbagai aktivitas serta acara yang atraktif, yang dapat membuat liburan para pelari dan keluarganya di Bali lebih mengesankan.

Teknologi

Selain itu, seperti tahun lalu, aplikasi smartphone “Event Tracking” Maybank Bali Marathon dari MyLaps, aplikasi smartphone berbasis GPS (Android dan iOS), juga kembali digunakan.

Aplikasi ini sangat membantu melakukan pemantauan lokasi pelari secara real time oleh penonton maupun peserta lainnya.

Penonton dapat memantau dimana para pelari berada dan dapat memilih tempat untuk memberikan semangat. Anggota keluarga dan teman juga dapat memperkirakan kapan pelari akan sampai pada garis finish.  

“Dengan membawa sejumlah konsep baru, yang penuh penyegaran, baik dari segi rute, race pack collection, teknologi yang diterapkan serta dengan meningkatkan jumlah peserta, kami tetap berupaya menjaga kualitas lomba, dengan memprioritaskan segi keamanan dan kenyamanan bagi para peserta,” kata Taswin Zakaria, Presiden Direktur Maybank Indonesia.  

“Konsep baru dan penambahan slot juga membawa konsekuensi adanya sejumlah aturan main yang baru, yang perlu dipelajari dan dipatuhi oleh para pelari demi mendukung kelancaran lomba.  Salah satunya, pengaturan di area start yang sekarang sudah membagi pelari dalam kategori berdasarkan personal best, sehingga yang cepat bisa berada di depan yang lambat dan diharapkan dapat memperlancar jalannya lomba,” tambahnya.

Para peserta MBM 2017 dapat membeli foto selama mengikuti lomba dengan harga terjangkau. Tahun ini, MBM bekerja sama dengan FlashFrame dari Chicago, platform fotografi berbasis crowd source, yang mempertemukan fotografer dengan para peserta dari suatu event, yang ingin mendapatkan foto –foto kenangan dari event terkait.

Platform fotografi tersebut memungkinkan semua fotografer, baik profesional, amatir, maupun yang sekedar hobi, untuk berpartisipasi dalam mengambil foto para pelari dengan memanfaatkan lingkungan alam yang indah.

Juara & Penantang

Persaingan sengit kembali akan mewarnai MBM 2017.  Di nomor FM internasional putera, pemegang rekor tercepat FM MBM asal Kenya, Kennedy Lilan Kiptoo, dengan catatan 2 jam 16 menit 54 detik, yang dicetaknya pada 2012, akan kembali mencoba peruntungan di rute baru FM MBM.

Atlet kelahiran 1987 ini pantas dijuluki Raja Bali Marathon karena telah tiga kali menjadi juara pertama FM sejak 2012 hingga 2014.

Kennedy juga pantas dinobatkan sebagai raja FM Asia Tenggara karena memegang rekor lima kali juara Kuala Lumpur Marathon (2011, 2012, 2013, 2014 dan 2016) serta juara Singapore Marathon pada 2012.

Rekor personal best (PB)-nya adalah 2 jam 11 menit 36 detik, di Zhengzhou Marathon pada 2011.  

Kennedy akan mendapat tantangan serius dari sejumlah atlet elit yang memiliki catatan waktu terbaik (PB) lebih tajam darinya. Diantaranya David Cheruiyot (Kenya), juara Ottawa Marathon 2007 dengan PB 2 jam 10 menit 36 detik.  Ada juga Henry Kipsang (Kenya), juara Dongguan Songshan Lake International Marathon 2016 dengan PB 2 jam 11 menit 18 detik.  

Menjadi penantang serius Kennedy adalah Haftu Tadele Gebremeskel (Ethiopia), yang memiliki PB 2 jam 12 menit 08 detik ketika menjadi juara kedua Danzhou International Marathon-2013; Gochovi Silas Muturi (Kenya), dengan PB 2 jam 12 menit 38 detik saat menduduki peringkat ketujuh Dong-A Ilbo Gyeongju  Marathon-2016, Geoffrey Birgen Kiprotich (Kenya) dengan PB 2 jam 14 menit 52 detik sewaktu juara di Taipei International Expressway Marathon-2015 dan Tenaw Belete Enyew (Ethiopia) dengan PB 2 jam 15 menit 33 detik di Orange International, Mt. Choisi  Marathon 2014 .

Sementara di nomor FM puteri internasional, akan juga turun bertanding dua atlet elilt Ethiopia, masing-masing Tirework Lemma yang memiliki PB 2 jam 31 menit 00 detik serta Shiferaw Bentu Wodajo dengan PB 2 jam 32 menit 00 detik.

Persaingan di nomor FM nasional juga tak kalah seru. Pencetak hattrick FM MBM nasional tiga tahun berturut-turut (2014, 2015 & 2016) Hamdan Syafril Sayuti kembali akan ditantang Yahuza, juara FM 2013 dan IG Gede Karangasem, juara FM 2012, putera asli Bali yang berhasil menjadi juara saat pertama kali MBM digelar.

Rekor tercepat FM MBM masih dipegang Hamdan dengan catatan waktu 02:35:32, yang dicetaknya 2015.

Hadiah

MBM 2017 akan memperebutkan total hadiah lebih dari Rp2 miliar bagi 86 pemenang. Hadiah disediakan dalam denominasi Rupiah selaras dengan Peraturan Bank Indonesia No 17/3/PBI tentang kewajiban transaksi rupiah di wilayah negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  

Dalam penyelenggaraan MBM 2017, Maybank Indonesia juga telah memperoleh dukungan dari Pemerintahan Daerah Bali, mulai dari pimpinan Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kotamadya Denpasar hingga Provinsi Bali.

Dukungan yang terus menerus juga telah diperoleh dari Persatuan Atletik Seluruh Indonosia (PASI).  Demikian juga dari sejumlah sponsor Platinum termasuk Allianz, Adidas, AirAsia, Bali Safari & Marine Park, Danone, Kompas Gramedia, Metro TV, Polar dan XL serta sponsor-sponsor pendukung lainnya seperti Taman Bhagawan, Gambino Coffee, AiryRooms, PT Lautan Luas Tbk, Yamatune, Fitness First, Salonpas Hisamitsu, Optik Tunggal, AirAsia BIG, Rhadana Kuta, Oasis Lagoon, Movenpick Jimbaran, Tempo, The Jakarta Post dan Tribun Group.

“Maybank Indonesia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh sponsor dan berbagai pihak yang memberikan dukungan bagi penyelenggaraan lomba marathon internasional ini.  Kesuksesan Bali Marathon dapat tercapai diantaranya berkat dukungan sponsor dan berbagai pihak yang kuat,” kata Taswin Zakaria.

CSR Bali Marathon

Sebagai bagian dari penyelenggaraan Maybank Bali Marathon, seperti rangkaian tahun-tahun sebelumnya, Maybank Indonesia kembali akan melanjutkan program corporate social responsibility (CSR) secara berkesinambungan di Bali, khususnya di kawasan yang dilalui dalam jalur lomba marathon, yang kali ini meliputi Kabupaten Gianyar, Klungkung dan Bangli.  

Ribuan masyarakat Bali dengan atraksi seni dan budaya serta murid-murid sekolah kembali akan berpartisipasi menyambut hangat para peserta dan menyemarakkan event lari internasional ini.

“Pelaksanakan CSR secara berkesinambungan sudah menjadi bagian dari upaya positif kami untuk turut berbagi dalam upaya pengembangan komunitas secara berkelanjutan di Bali.  Melanjutkan inisiatif CSR mendukung kesehatan masyarakat dan pendidikan yang dilakukan sebelumnya, pada 2017 ini kami akan memfokuskan pada pembinaan generasi muda dan pemberdayaan masyarakat termasuk komunitas penyandang disabilitas,” kata Taswin Zakaria. 

MBM Heroes

Untuk pertama kalinya, MBM mengadakan program bernama MBM Heroes yang bertujuan untuk lebih meningkatkan lagi popularitas olah raga lari di kalangan masyarakat, dengan cara membina tiga orang pelari yang masing-masing mempunyai motivasi pribadi.

Yang pertama adalah Irwin Permata, ayah dari dua orang anak yang ingin hidup lebih sehat demi keluarganya dengan cara menyelesaikan lomba lari 10K pertamanya di MBM17.

Tressabel Hutasoit, yang akan mengikuti lomba lari FM pertamanya di MBM17, berniat menyebarkan kesadaran untuk hidup sehat dengan mengangkat cerita empat temannya yang mempunyai sakit keras dan tidak bisa berolah raga.

Iqbal Adil, seorang finance executive yang mempunyai catatan waktu 3 jam dan 58 menit di Jakarta Marathon 2016, berniat untuk memecahkan rekor pribadi dan berlari 3 jam dan 30 menit di MBM17 guna memperlihatkan bahwa orang biasa pun bisa mempunyai prestasi prima.

Program ini didukung sepenuhnya oleh para sponsor MBM17 dan bisa disimak lebih jauh melalui media sosial MBM17.

Informasi lengkap tentang MBM 2017 dapat diakses melalui situs www.balimarathon.com, facebook www.facebook.com/BaliMarathon dan twitter @BaliMarathon.  (*)

Editor: Advertorial
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help