18th Asean Age Group Open Chess Championships 2017: Pecatur Junior Indonesia Gemilang

Prestasi gemilang ditorehkan oleh para pecatur junior Indonesia yang diberangkatkan PB PERCASI ke ajang “18th ASEAN AGE GROUP OPEN CHESS CHAMPIONSHIP

18th Asean Age Group Open Chess Championships 2017: Pecatur Junior Indonesia Gemilang
ist
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Prestasi gemilang ditorehkan oleh para pecatur junior Indonesia yang diberangkatkan PB  PERCASI ke ajang “18th Asean Age Group Open Chess Championships 2017” di Kuantan, Pahang, Malaysia pada tanggal 25 November s/d 4 Desember 2017.

Tercatat ada 13 medali emas, 5 medali perak, dan 4 medali perunggu yang diperoleh oleh para pecatur junior Indonesia tersebut, yang terdiri dari 7 (tujuh) putra dan 5 (lima) putri.

Hal ini membuktikan, para pecatur muda yang sebelumnya telah menjadi Juara Catur Junior Indonesia 2017, dari kelompok A (U-19), B (U-17), C (U-15), D (U-13), E (U-11), F (U-09) dan G (U-07) putra-putri ini tak berpuas diri dengan hanya menjadi juara di tingkat nasional.

Mereka mampu membuktikan bahwa dengan semangat  juang yang tinggi, dapat menghasilkan prestasi di tingkat internasional.

“Ini adalah penampilan yang sangat baik dari tim catur Indonesia yang berlaga di Asean Age. Berbagai ujian mental dihadapi oleh para pecatur kita dalam pertandingan kali ini. Namun mereka akhirnya lulus dari berbagai ujian dan mendapatkan kepercayaan dirinya kembali setelah sempat drop,” ujar manajer tim Indonesia, Lisa Lumondong.

Menurut Lisa, memang bukan hal yang mudah membawa tim yang rata-rata masih berusia muda dan beberapa bahkan baru pertama bertanding di ajang internasional. Kekalahan di babak awal kadang membuat kepercayaan diri turun, begitu juga saat melihat beberapa rekannya yang sudah memperoleh medali. Namun berbagai kendala ini akhirnya mampu dilewati dan tim Indonesia dapat menunjukkan performanya kembali.

Hasil yang dicapai ini tentu menjadi hal yang menggembirakan bagi PB Percasi, karena dapat menjadi acuan untuk menyusun program pembinaan dan peningkatan prestasi cabang olahraga catur untuk jangka pendek dan menengah yang tepat sasaran, seperti yang diharapkan Ketua Umum PB Percasi, Utut Adianto ketika melepas para atlet yang berlaga di 18th Asean Age Group Open Chess Championships 2017.

Salah satu visi-misi PB Percasi untuk melahirkan pecatur-pecatur hebat di masa mendatang tampaknya mulai menemukan jalannya. Pembinaan yang semakin baik dari waktu ke waktu, serta kesempatan bertanding di ajang internasional yang lebih banyak, menjadi sebuah keharusan untuk meraih cita-cita tersebut.

Pada ajang 18th ASEAN AGE GROUP OPEN CHESS CHAMPIONSHIPS kali ini, PB PERCASI didukung penuh oleh PT JAPFA dan SCTV, dua perusahaan besar yang memiliki komitmen untuk turut serta mendorong perkembangan catur di Indonesia.

Dan hasil yang menggembirakan ini tentu saja kian membuktikan bahwa olahraga catur memang patut didukung oleh dunia usaha, karena prestasinya memberikan bukti yang nyata bagi kemajuan olahraga di Indonesia

Halaman
1234
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help