Kejuaraan Balap Sepeda Gran Fondo Solo Hadirkan Khusus Pesepeda Bukan Atlet Profesional

Kejuaraan balap sepeda Gran Fondo Solo pertengahan bulan depan tepatnya, Sabtu (14/4/2018) akan digelar di Solo.

Kejuaraan Balap Sepeda Gran Fondo Solo Hadirkan Khusus Pesepeda Bukan Atlet Profesional
tribunnews.com/majid
Ketua penyelenggara Gran Fondo Solo, Putu Lani (tengah) saat menjelaskan kepada awak media mengenai Gran Fondo Solo di JSC Hive, Kuningan, Jakarta, Rabu (7/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kejuaraan balap sepeda Gran Fondo Solo pertengahan bulan depan tepatnya, Sabtu (14/4/2018) akan digelar di Solo.

Dalam kejuaraan tersebut para peserta akan menempuh jarak sejauh 120 km, yang dimulai dari Kantor Balai Kota Solo hingga finis di Cemoro Sewu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Ketua penyelenggara Grand Fondo Solo, Putu Lani mengatakan bahwa kejuaraan perdana yang ia gelar di Solo ini bertujuan untuk memperkenalkan keindahan Solo kepada masyarakat luas.

Tak hanya itu, ajang kejuaraan ini juga hanya dikhususkan bagi pesepeda non-profesional, dan itu yang menurutnya menjadi pembeda dengan kejuaraan lainnya.

“Ya, kami adakan ini utamanya untuk memperkenalkan bahwa di Solo itu punya keindahan alam yang menarik seperti halnya di Yogyakarta dan Bali. Di ajang ini juga nantinya kami juga akan adakan festival kuliner dan budaya,” kata Putu Lani pada acara launching Gran Fondo Solo di JSC Hive, Kuningan, Jakarta, Rabu (7/3/2018).

“Kemudian di perlombaan ini, kami juga sengaja adakan untuk pesepeda bukan atlet profesional. Jadi khusus buat para pesepeda biasa, atau yang biasa bergabung di komunitas. Karena selama ini setiap ada perlombaan, mereka digabungkan dengan atlet profesional,  dan mereka banyak yang kecewa,” ujarnya.

Ia menambahkan kejuaraan ini pun akan diikuti oleh 500 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Dan ia mengaku surprisekarena hingga saat ini peserta sudah setenghanya lebih yang mendaftar.

“Untuk peserta kami batasi hanya 500 peserta saja, dan sampai saat ini sudah ada 300 peserta yang mendaftar. Jujur kami agak takjub karena kita masih ada waktu sebulan tapi peserta sudah lebih dari 50%,” kata wanita yang telah lama berkecimpung di event kejuaraan balap sepeda tersebut.

Sementara itu, untuk kategori yang dipertandingkan di Gran Fondo Solo terbagi menjadi tiga bagi yang putra dan dua untuk putri. Kategori putra yakni, 30-39 tahun, 40-49 tahun dan 50 tahun ke atas, sedangkan untuk yang putri 18-39 tahun dan 40 tahun ke atas.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved