Jakarta Marathon Sudah Diberikan Sertifikasi IAAF dan Terdaftar di AIMS

Jakarta Marathon merupakan ajang lomba marathon internasional pertama di Indonesia yang diselenggarakan di Jakarta pada bulan Oktober 2013.

Jakarta Marathon Sudah Diberikan Sertifikasi IAAF dan Terdaftar di AIMS
Super Ball/Feri Setiawan
Ribuan pelari mengikuti lomba lari Mandiri Jakarta Marathon 2016 di Silang Monas, Jakarta, Minggu (23/10/2016). Sebanyak 16.000 pelari dari berbagai negara mengikuti lomba tersebut. Super Ball/Feri Setiawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jakarta Marathon merupakan ajang lomba marathon internasional pertama di Indonesia yang diselenggarakan di Jakarta pada bulan Oktober 2013.

Kegiatan yang dinantikan banyak penggemar olahraga lari ini diprakarsai dan diinisiasi oleh Joko Widodo (Jokowi) yang saat itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, dan Sapta Nirwandar saat menjabat Wakil Menteri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (periode 2009-2014).

Seperti biasanya, pada tahun ini kegiatan lari jarak jauh tersebut kembali akan digelar pada bulan Oktober. Namun ada yang aneh terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut tahun ini. Sebab, ada dua even sejenis yang akan digelar pada bulan dan tahun yang sama.

Pertama, Jakarta City Marathon 2018 yang akan digelar 21 Oktober. Berdasarkan keterangan pers Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, kegiatan ini sendiri digelar oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Even yang sudah berlangsung selama enam kali ini akan terus berlanjut. Rencananya akan dilakukan oleh Bank Mandiri beserta komunitas runner Jakarta," ungkap Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (8/3/2018) lalu.

Even yang kedua adalah Jakarta Marathon, yang akan dihelat pada 28 Oktober. Di situs thejakartamarathon.com sendiri beberapa waktu lalu hingga kini telah membuka pendaftaran peserta.

Jika melihat dua nama kegiatan tersebut, sebenarnya ada perbedaan yang jelas. Yang pertama, menambahkan kata 'City'. Sementara satu even lainnya adalah Jakarta Marathon, yang memang telah menggelar kegiatan tersebut sejak 2013 dan tahun ini akan menyelenggarakan even yang kali ke enam.

Namun, hal ini justru membuat para pecinta olahraga lari yang selama ini mengikuti kegiatan Jakarta Marathon kebingungan sebab dua kegiatan yang sama dilakukan pada waktu yang berdekatan.

Selain itu, Sandiaga Uno juga menyatakan Jakarta City Marathon akan menggelar kegiatan tersebut untuk kali ke enam. Padahal jika melihat dua nama kegiatan tersebut perbedaannya sangat jelas, Jakarta City Marathon baru akan menggelar kegiatan lari marathon pada tahun ini.

Pemegang rekor nasional marathon yang hingga 29 tahun belum terpecahkan, Eduardus Nabunome mengatakan, dunia olahraga mengajarkan untuk saling mendukung, menjunjung sportivitas dan etika yang baik.

Halaman
12
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help