Home »

Sport

»

Basket

Tim Basket Pelajar Indonesia Berjaya di Perancis

Pelatih tim basket SMABA, Ari Adiska pun menceritakan bagaimana awal timnya bisa turut serta di kompetisi antarpelajar itu.

Tim Basket Pelajar Indonesia Berjaya di Perancis
Tribunnews.com/Abdul Majid
Tim Basket SMA Kharsima Bangsa (SMABA) berhasil mengarumkan nama Indonesia setelah meraih juara di ajang Division 2 Paris World Games 2018 yang dihelat pada 6-12 Juli 2018. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tim Basket SMA Kharsima Bangsa (SMABA) mengarumkan nama Indonesia setelah meraih juara di ajang Division 2 Paris World Games 2018 yang dihelat pada 6-12 Juli 2018.

Kehadiran tim basket SMABA di ajang kejuaraan tingkat Universitas dan Sekolah dari berbagai negara itu lantaran mendapat undangan dari Paris Wolrd Games untuk mewakili Indonesia.

Pelatih tim basket SMABA, Ari Adiska pun menceritakan bagaimana awal timnya bisa turut serta di kompetisi antarpelajar itu.

“Jadi awalnya tahun 2016, kita camp di Barcelona. Kita pemusatan latihan di sana dan diajari beberapa pelatih Eropa. Nah, awal tahun 2018 ini, kami dihubungi sama pelatih yang pernah kenal di sana untuk ikut kejuaraan dunia antarpelajar,” cerita Ari Adiska saat dihubungi Tribunnews, Jumat (20/7/2018).

“Setelah itu, kami diskusi dengan manajer dan ofisial lainnya. Hasilnya kita fix ikut, bulan maret – april kita persiapan dan mulai berangkat tanggal 5 juli,” sambungya.

Sementara itu, mengenai dukungan dana, Ari juga menjelaskan bahwa hasil itu didapatkannya dari swadaya di lingkungan sekolah dan dukungan dari berbagai sponsor.

“Ya, kalau masalah dana kami dapat dari swadaya, dan dukungan dari sponsor swasta dan BUMN, ada dari Pertamina, dan Mandiri. Kalau pemerintah, kita belum dapat, karena susah birokarasinya, jadinya kita usaha pakai dukungan yang lain,” ujarnya.

Tim Basket SMABA berhasil keluar sebagai juara setelah pada laga final mampu mengalahkan Paris University Club dengan skor 38-25.

Setelah berhasil menjuarai ajang tersebut, rencananya klub SMA yang telah melahirakan atlet-atlet basket profesional seperti Muhammad Arighi yang sekarang bermain untuk Satria Muda, dan mendapatkan beasiswa dari UPH itu akan mengikuti beberapa undangan dari Singapura dan Filipina.

“Setelah ini, Oktober nanti kita dapat undangan dari Singapura, Maret 2019 di Filipina dan Desember di Malaysia,”

“Saya berharap kedepannya, dari pemerintah juga bisa memperhatikan kami, dan birokrasinya dipermudah, karena kita kan selain bawa nama sekolah tentunya juga nama Indonesia,” harapnya.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help