Kaleidoskop 2018: Tonggak Kebangkitan Olahraga Indonesia

Tahun 2018 akan menjadi catatan sejarah baru bagi olahraga Indonesia sebab utamanya karena di tahun ini Indonesia sukses menggelar dua ajang olahraga

Kaleidoskop 2018: Tonggak Kebangkitan Olahraga Indonesia
Grid.ID
Kontingen Indonesia Asian Games 2018 

Laporan  Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tahun 2018 akan menjadi catatan sejarah baru bagi olahraga Indonesia, sebab utamanya karena di tahun ini Indonesia sukses menggelar dua ajang olahraga multi event internasional: Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018.

Bukan sekadar penyelenggaraan, dari sisi prestasi kontingen Indonesia juga tampil impresif dengan mampu melampaui target yang telah diusung oleh pemerintah sebelumnya yakni lolos 10 besar dengan perhitungan pada Asian Games 2014 yang berada di peringkat ke-17.

“Dari 463 nomor yang dipertandingkan, untuk mencapai 10 besar harus meraih medali emas 14 sampai 18. Target dari kami bisa 10 besar. Semua sudah kami catat dengan rapi. Target pemerintah itu sudah disampaikan ke seluruh cabang olahraga,” kata Menpora Imam Nahrawi, Rabu (25/7/2018).

Target tersebut pun sanggup dipatahkan para pahlawan olahraga Indonesia dengan finis keempat dari torehan 98 medali: 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu.

Tak ayal, perolehan medali itu menjadi sejarah baru bagi Indonesia sepanjang mengikuti Asian Games, begitu juga dengan penyelenggaraannya yang mendapat sambutan positif di mata internasional.

Salah satunya pengakuan dari Presiden Olympic Committee of Asia (OCA), Sheikh Fahad Al-Sabab pada penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (2/9/2018).

“Indonesia, terima kasih banyak. Kami cinta kalian. Terima kasih Jakarta, terima Kasih Palembang. Kalian melaksanakan tugas dengan baik. Kalian berhasil mewujudkan mimpi Energi of Asia hadir di sini,” kata Sheikh Fahad Al-Sabab dalam pidatonya.

“Sekarang kami sedih mesti meninggalkan negara kalian yang cantik. Tapi juga menjadi hari yang membahagiakan karena kami pulang dengan banyak memori, momen luar biasa. Venuenya, persaingan, keberanian yang dieasakan di Asian Asian Games, dan keramahan orang-orang Indonesia tak akan dilupakan. Kalian akan selalu di hati kami,” sambungnya.

Lalu, kenapa dua sukses itu bisa didapatkan? Ternyata, peran pemerintah sangat sentral. Pertama mengenai perhatian kepada atlet saat melakukan persiapan jelang Asian Games.

Halaman
1234
Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved