PSSI vs LPI

Menpora: LPI Saja Bisa Berjalan Tanpa APBD

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Malarangeng, sepakat dengan pendapat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),

Menpora: LPI Saja Bisa Berjalan Tanpa APBD
net
Andi Mallarangeng
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi A Malarangeng sepakat dengan pendapat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), bahwa klub sepakbola profesional harus mandiri dan lepas dari sokongan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Ia pun merasa yakin, klub-klub sepakbola profesional di bawah wadah Liga Super Indonesia (LSI), dapat menghidupi diri mereka sendiri seperti yang dilakukan klub-klub sepakbola di bawah wadah Liga Primer Indonesia (LPI).

"LPI saja bisa berjalan tanpa APBD, masak LSI tidak bisa," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Andi Malarangeng, kepada wartawan, selepas dirinya menghadiri pertemuan dengan KPK, Rabu, (5/4/2011), siang.

Namun, Andi berharap penghentian alokasi dana APBD hanya diperuntukkan bagi klub sepakbola profesional saja.

"Kami usulkan jika memang perlu ada keseimbangan (antara cabang olahraga lain), penghentian dana APBD mulai 2012 hanya untuk klub sepakbola profesional saja," katanya.

Dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi dalam penggunaan dana APBD, KPK lakukan kajian sejak awal 2011 mengenai penggunaan dana APBD untuk klub Sepakbola.Berdasarkan kajian tersebut, KPK meminta Mendagri untuk segera membuat aturan penghentian penggunaan APBD untuk klub sepakbola mulai 2012.

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Johnson Simanjuntak
KOMENTAR
klasemen
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help