Hassanal Bolkiah Trophy

Indonesia Pernah Juara Hassanal Bolkiah Trophy Tahun 2002

Dalam dua tahun belakangan publik Indonesia selalu disuguhi kekecewaan mendalam setelah melihat prestasi Tim Merah Putih

Indonesia Pernah Juara Hassanal Bolkiah Trophy Tahun 2002
bolanews/Dwi Ari Setyadi
Andik Vermansyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam dua tahun belakangan publik Indonesia selalu disuguhi kekecewaan mendalam setelah melihat prestasi Tim Merah Putih. Selain hanya berstatus tim "nyaris juara" di Piala AFF 2010 dan SEA Games 2011, publik juga disuguhi hasil memalukan saat timnas senior dibantai 0-10 oleh Bahrain di PPD 2014, belum lama ini.

Dengan adanya tenaga baru yang dipelopori penyerang masa depan Andik Vermansyah, Indonesia diharapkan bisa menyibak prestasi gemilang terutama di kompetisi tingkat Asia Tenggara. Inilah saatnya bagi Indonesia untuk mengukir prestasi emas, meski di level junior.

"Saya katakan kepada pemain untuk merebut juara. Tunjukkan permainan cepat dan berjuang tanpa lelah," kata Manajer Timnas U-21, Hasrul Azwar, sembari menambahkan PSSI sudah menyiapkan bonus besar pada pasukan Garuda Muda.

Dalam sejarah kejuaraan Hassanal Bolkiah Trophy, Indonesia pernah meraih prestasi gemilang dengan keluar sebagai juara pada tahun 2002. Itu adalah ajang perdana Hassanal Bolkiah yang selalu dihelat di Brunei.

Selanjutnya pada kejuaraan Hassanal Bolkiah tahun 2005 dan 2007, Indonesia tidak lagi mampu berprestasi. Kali ini adalah kejuaraan keempat bagi pesepakbola muda negara-negara yang tergabung dalam forum ASEAN.

Brunei sebagai tuan rumah sekaligus pemrakarsa kejuaraan absen menggelar pada tahun 2009 setelah negara yang bersangkutan mendapat sanksi dari FIFA berupa larangan mengikuti seluruh kegiatan sepakbola internasional.

Selain akan membawa nama harum bangsa Indonesia sebagai salah satu kekuatan raksasa sepakbola Asia Tenggara, timnas yunior akan mendapatkan hadiah sebesar 15.500 dollar Amerika Serikat jika mampu membawa pulang trofi Hassanal Bolkiah ke Tanah Air.

Penulis: Husein Sanusi
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved