• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 22 September 2014
Tribun Superball

Cerita Sukses Anak Makassar Lolos ke AC Milan Camp

Kamis, 19 Juli 2012 02:19 WIB
Cerita Sukses Anak Makassar Lolos ke AC Milan Camp
TRIBUNNEWS.COM
Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora), Andi Malarangeng melepas Tim AC Milan Junior Camp usia 12-15, di kantor Kemenpora, Rabu (2/11/2011) sore.

Laporan Wartawan Tribun Timur

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Terpilih menjadi salah satu dari 18 anak yang terpilih berangkat ke Italia dan bertemu langsung para Bintang AC Milan, tidak lantas membuat Andi Abdul Aziz Zulfikar tinggi hati.

Anak pasangan Andi Zulfikar dan Andi Beatrice Jaya ini bahkan lebih banyak merendah saat diwawancara.

Dia tak kuasa menungkapkan rasa syukurnya bisa menjadi 1 dari 18 anak Indonesia yang lolos ke Milan.

"Perjalanan saya ke depan masih panjang, Kak. Alhamdulillah bisa terpilih. Ini baru awalnya saja, masih banyak tantangan ke depan yang harus dilalui, saya minta warga Sulsel mendoakan kami," ucapnya.

Bertubuh kecil, dengan tinggi 155 cm dan berat 45 kg, ini membuatnya lebih lincah saat di lapangan. Kontrol bolanya, laiknya sang idola Xavi Hernandez, gelandang sekaligus playmaker Barcelona FC.

"Saya mencoba mengikuti gaya bermain Xavi, dia bermain cukup tangkas dan tenang, saya ingin bermain seperti dia " ungkap anak kelas 3 SMP Muhammadiyah I Makassar ini.

Dia bahkan tak terlihat gentar menghadapi lawannya yang berpostur lebih besar darinya. "Maka saya lebih banyak berlatih dengan bola-bola pendek dan lebih banyak juga melatih skill bermain saya di lapangan, dribbling bola dengan cepat dan tangkas adalah andalan saya di lapangan " sambungnya.

Keikutsertaannya di seleksi AC Milan Camp sangat didukung kedua orangtuanya. Aziz mengungkapkan sang ayah yang hanya pegawai negeri sipil sangat mendukung dirinya untuk mengikuti seleksi tersebut.

"Ikut saja, mungkin ini rezekimu," kata Azis mengulang pesan penyemangat dari sang ayah.

Aziz bahkan mengungkapkan dirinya sudah dua kali membela Timnas Indonesia U-13, yakni saat membela Indonesia di turnamen yang diselenggarakan Yamaha di Thailand, tahun 2011.

Untuk masuk ke timnas U-13 kala itu cukup berat sebab Aziz harus menjalani seleksi terlebih dahulu di Makassar sebelum terpilih ke Jakarta dan ikut seleksi lagi untuk disaring menjadi Timnas U-13

"Tahun lalu ada tujuh orang yang lolos dari Makassar, saya termasuk yang lolos, di Thailand kami hanya berhasil menduduki posisi kedua karena kalah dari tuan rumah, Thailand " kenangnya.

Berbekal modal membela Timnas U-13 di Thailand, diakuinya memberinya tambahan kepercayaan diri untuk ikuti seleksi AC Milan Camp 2011 lalu. Namun, baru pada Juli 2012 dirinya lolos. "Saya ikut ketika pulang membela Timnas U-14 di Jepang dalam kejuaraan Japan-East Asean Football Exchange Programme U-14 Youth Football Festival Juni 2012."

"Di Jepang kita kembali menjadi juara kedua, kalah di final, lagi-lagi sama tuan rumah. Sesampainya saya di Indoensia ada teman memberitahu kalau ada seleksi AC Milan Camp, tapi untung kejuaraan di Jepang tak bersamaan dengan seleksi AC Milan Camp jadi saya punya waktu untuk ikut " ujarnya.

Bisa bermain di klub Barcelona merupakan impian Andi, dirinya memimpikan bertemu pemain andalannya Xavi.

Lolosnya Azis ke Milan, tidak mengherankan pelatihnya di SSB Panasonic, Budiharjo Thalib. Menurutnya, kemampuan individual Aziz sungguh bagus. Skill dan kemampuan berkoordinasi dengan rekan setimnya di lapangan adalah modal besar Aziz.

"Dia playmaker andal. Bisa menyerang dan bertahan sama baiknya. Tendangannya akurat dan terarah. Dia pantas main di AC Milan," pungkansya (ilham mulyawan)

Andi Abdul Azis Zulfikar
Lahir: Makassar 18 Desember 1998
Tinggi/Berat : 155 cm / 45 kg
Alamat : Jl. Dg Tantu, Kecamatan Rappokalling, Makassar
Pelajar : Kelas III SMP Muhhammadiyah I Makassar
Klub : SSB Panasonic
Ayah : Zulfikar
Ibu : Andi Beatrice jaya

Idola:
Lokal : Achmad Bustomi (Timnas PSSI, Mitra Kukar)
Asing : Xavi Hernandez
Klub lokal: Sriwijaya FC
Klub Asing: Barcelona FC
Posisi: Gelandang tengah/Sayap Kanan

Editor: Anwar Sadat Guna
Sumber: Tribun Timur
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
738141 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas