• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Superball

Carles Puyol Pengabdiannya Besar di Barcelona

Rabu, 1 Agustus 2012 19:20 WIB
Carles Puyol Pengabdiannya Besar di Barcelona
zimbio
Carles Puyol

TRIBUNNEWS.COM, BARCELONA - Carles Puyol akhirnya siap memperpanjang kontraknya bersama Barcelona setelah dinyatakan sembuh dari operasi lutut yang membuatnya absen di Euro 2012.

Puyol pun berencana mengakhiri karir bersama Barcelona.Bagi Barcelona, Carles Puyol adalah segalanya. Jebolan La Masia tersebut dikenal sebagai pemain berkomitmen tinggi dan tangguh dalam mengawal lini pertahanan Barcelona.

Penggemar Blaugrana pun menjulukinya sebagai The Wall. Selain kuat dan memiliki reaksi yang cepat, Puyol tidak segan-segan naik membantu timnya saat menyerang. Tidak jarang namanya masuk dalam score sheet.

Puyol juga terkenal karena kepemimpinan dan etos kerjanya yang tinggi. Puyol bahkan kerap lanjut berlatih sendirian meskipun rekan-rekan setimnya telah meninggalkan sesi latihan. Wajar jika Puyol didaulat sebagai pemimpin dan jantung Blaugrana.

Pria 34 tahun tersebut pun ikut menyumbang 5 trofi La Liga, dua trofi Copa del Rey, 5 Piala Duper Spanyol, 3 Liga Champions, 2 Piala Super Eropa, dan 2 Piala Dunia Antar Klub. Sayang, musim lalu pemain yang pertama kali bermain sepakbola sebagai penjaga gawang tersebut gagal membawa Barcelona menjuarai La Liga dan Liga Champions.

Puyol juga didera cedera pada lututnya. Ini turut berpengaruh pada penurunan performa lini belakang Barca. Akibat cedrea pula, Puyol tidak bisa memperkuat Spanyol di Piala Eropa 2012.

Namun, jelang musim kompetisi mendatang, Puyol siap mengerahkan seluruh kemampuannya untuk membawa Barcelona kembali merajai Spanyol dan Eropa setelah menjalani operasi lutut di jeda musim. Pria berambut keriwil tersebut pun mengaku kakinya sudah gatal untuk kembali merumput meskipun belum yakin kapan dirinya akan benar-benar pulih.

"Saya merasa baik-baik saja dan saya telah berlatih dengan keras. Saya senang bisa kembali berlatih. Saya akan coba untuk melakukan sebisa mungkin bersama skuat dan kemudian kita lihat saja apa yang akan terjadi. Saat ini, apa yang saya lakukan adalah mengembalikan kondisi fisik sebaik mungkin kemudian menunggu dan melihat bagaimana respon lutut saya," ungkap pemain yang meraih gelar Piala Eropa dan Piala Dunia bersama tim nasional Spanyol itu.

Puyol bahkan berencana menghabiskan karir sepak bolanya dengan seragam Barcelona. Pemain yang mengawali karirnya di La Masia sebagai gelandang bertahan itu juga berniat membayar semua kegagalan Barcelona pada musim lalu.

"Saya akan coba mengakhiri karir saya di sini. Saya memiliki hasrat dan antusiasme untuk terus bermain dan jika klub menginginkan saya untuk tetap di sini, saya akan melanjutkannya," ujar Puyol seperti dilansir oleh situs resmi Barcelona.

Pernyataan pemain yang promosi ke tim utama Barcelona pada 1999 itu berdasarkan pada penghormatan tinggi yang diterimanya dari klub dan penggemar. Sikap tersebut semakin membuat Puyol setia membela klub asal Catalan tersebut.

"Saya selalu dihargai oleh klub dan penggemar, sehingga tidak ada masalah untuk memperpanjang kontrak saya dan saya rasa prosesnya tidak akan sulit," tutur pemilik 20 gol dari 648 penampilan untuk Barcelona di semua kompetisi tersebut.

Pada 2003, Manchester United pernah coba merekrut Puyol. Saat itu, Barcelona sedang mengalami krisis keuangan. Namun, transfer tersebut urung terjadi dan dua tahun berselang, Puyol memperpanjang kontraknya hingga lima musim ke depan.

Puyol mulai menjabat sebagai kapten tim di akhir musim 2003/04 setelah Luis Enrique gantung sepatu. Pada 16 September 2008, Puyol mencapai penampilan ke-400 bersama Barcelona di semua kompetisi.

Baca juga:

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Toni Bramantoro
0 KOMENTAR
785651 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas