Kamis, 27 November 2014
Tribun Superball

Musim Depan, IPL Diikuti 16 Tim

Selasa, 25 September 2012 00:45 WIB

Musim Depan, IPL Diikuti 16 Tim
Tribun Jogja/HASAN SAKRI GHOZALI
Pemain Persibo Bojonegoro, Samsul Arif

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kompetisi Indonesia Premier League musim 2013 akan bergulir pada bulan Januari dan rencananya diikuti oleh 16 klub.

"Musim depan IPL diikuti 16 klub dan pelaksanaannya pada Januari tahun depan. Pemilihan Januari sebagai awal kompetisi itu sesuai permintaan AFC Pro League Committee,"ujar CEO PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) Widjajanto dalam pertemuan dengan perwakilan klub-klub IPL di Kantor LPIS, Jakarta, Senin (24/9/2012).

Pertemuan tersebut membahas tiga agenda, yakni evaluasi kompetisi musim lalu, masukan dari klub-klub peserta, dan laporan hasil pertemuan Joint Committee di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis(20/9/2012).

Selain itu, LPIS juga menetapkan batasan maksimal tiga pemain asing yang bisa diturunkan bermain. Kebijakan tiga pemain asing itu untuk memberikan kesempatan pemain lokal membela klubnya.

"Lima pemain asing dipersilahkan, tetapi yang dimainkan maksimal tiga orang. Kebijakan ini dibuat supaya pemain lokal memiliki kesempatan bermain lebih, yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk timnas," tutur Anggota Joint Committee itu.

Poin pertama hasil rapat JC menyebutkan dua kompetisi di Indonesia tetap berjalan sendiri-sendiri pada tahun 2013 dengan nama baru. Namun keduanya mesti berafiliasi dan berada di bawah yurisdiksi PSSI.

Kompetisi profesional yang baru dan terintegrasi akan dimulai pada musim 2014, atau paling lambat 2015. Musim 2013 dijadikan fase evaluasi masing-masing klub supaya memenuhi kualifikasi peserta kompetisi kasta tertinggi yang nantinya hanya ada satu.

Kompetisi IPL musim 2013 rencananya melibatkan 16 klub, atau bertambah empat klub dari musim sebelumnya. Terdiri dari 10 klub musim lalu, ditambah tiga klub juara Divisi Utama, yaitu Pro Duta FC, Perseman, dan Persepar. Sementara PSMS Medan yang terdegradasi musim lalu dipastikan tidak berlaga di IPL.

Sementara tempat sisanya diperebutkan melalui babak play off yang akan digelar pada 29 September 2012 hingga 3 Oktober 2012, dengan melibatkan satu klub IPL dan tiga tim peringkat dua dari tiga grup Divisi Utama.

Di babak ini, satu klub yang berada di peringkat 11 IPL musim lalu, yakni Bontang FC, akan bertanding melawan tiga klub yang menduduki peringkat kedua Divisi Utama 2011-2012. Ketiga klub tersebut adalah PSLS Lhokseumawe (peringkat kedua Grup 1), PSIR Rembang (peringkat kedua Grup 2), dan Persbul Buol (peringkat kedua Grup 3).

Peserta Kompetisi IPL 2013:
Semen Padang, Persebaya, Arema, Persiba Bantul, PSM, Persibo, Persiraja, Persema, Persija, Persijap 

Peserta Play Off  Kompetisi IPL:
Bontang FC, PSLS Lhokseumawe, PSIR Rembang, Persbul Buol

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jakarta

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas