Minggu, 28 Desember 2014
Tribun Superball

Man United vs Liverpool: Laga Panas RVP-Suarez

Rabu, 9 Januari 2013 12:08 WIB

Man United vs Liverpool: Laga Panas RVP-Suarez
AFP
Robin van Persie dan Luis Suarez

TRIBUNNEWS.COM - Akhir pekan ini kompetisi Premier League Inggris akan dipanaskan dengan big match antara dua musuh bebuyutan, Manchester United kontra Liverpool, yang dihelat di Stadion Old Trafford, Minggu (13/1/2013) nanti. Panasnya pertemuan kedua tim dibumbui dengan memanasnya penyerang di kedua kesebelasan.

Robin Van Persie di kubu United tanpa diragukan lagi akan jadi sorotan. Dia telah berkali-kali menjadi penyelamat Setan Merah dari kekalahan. Aksi terakhirnya adalah gol di menit terakhir yang dicetak ke gawang West Ham di ajang FA Cup.

RVP jelas menunjukkan performa luar biasa untuk United musim ini. Statistik pun membuktikan tanpa kontribusinya Setan Merah mungkin hanya akan berkutat di papan tengah Premier League.

Sejak dibeli dari Arsenal, Van Persie sudah mencetak 16 gol ditambah 6 assist. Itu semua membuat United memuncaki klasemen dengan selisih tujuh poin dari Manchester City. Dengan kontribusinya, United memenangi 17 laga, sekali imbang, dan kalah 3 kali.

Jika diambil rata-rata kemenangan mencapai 81 persen. Separuh dari total 52 poin yang diraup United sejauh ini pun tak lepas dari peran mesin gol asal Belanda tersebut. Namun jika gol serta assist Van Persie dihilangkan dari semua laga tersebut, kondisi pun berubah drastis.

Tanpa bantuan RVP, United hanya menang 5 laga, imbang 11 kali, dan kalah 5 kali --atau dengan kata lain rasio kemenangan mereka cuma 23,8 persen. Artinya United cuma meraup 26 poin tanpa gol dari RVP.

Dan tanpa golnya pula pasukan Sir Alex Ferguson dipastikan tersingkir pada putaran ketiga Piala FA lawan West Ham akhir pekan lalu.

Sementara Suarez juga memanaskan suasana. Penyerang The Reds itu juga jadi penyelamat Liverpool dari kekalahan lewat gol ke gawang Manfield di ajang FA. Liverpool menang 2-1 di laga itu, tapi lagi-lagi Suarez melakukannya dengan kontroversial.

Komentator televisi Inggris menyebut Suarez telah berlaku "curang"  ketika menggunakan tangan sebelum mencetak gol ke gawang Mansfield. Aksi curang Suarez itu sontak memantik kontroversi.

Seperti biasa manajer Liverpool Brendan Rodgers kembali membela Suarez. "Itulah bagian dari hidup. Kalau saja tindakan kita tidak selalu menuai komentar dari orang lain. Ia telah melewati hidupnya di sini dan meniti kariernya di negeri ini," katanya.

Entah apa lagi yang akan terjadi saat United bentrok Liverpool akhir pekan nanti. Pastinya bentrokan dua tim tradisional Inggris ini juga akan dipimpin wasit Howard Webb yang juga sering mengeluarkan keputusan-keputusan kontroversial.

Penulis: Husein Sanusi
Editor: Ade Mayasanto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas