• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 23 September 2014
Tribun Superball

Arsenal vs Bayern Muenchen: Adu Kuat Formasi 4-2-3-1

Selasa, 19 Februari 2013 09:22 WIB
Arsenal vs Bayern Muenchen: Adu Kuat Formasi 4-2-3-1
net
Arsenal vs Bayern Muenchen

TRIBUNNEWS.COM – Liga Champions kembali mementaskan laga akbar penuh gengsi. Dua tim besar, Arsenal dan Bayern Muenchen, bakal bentrok pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadion Emirates, Rabu (20/2/2013) dinihari. Tanpa diragukan, kedua tim sama-sama memiliki tradisi kuat di kompetisi paling elite benua biru. Baik Arsenal maupun Bayern hampir tak pernah absen mengikuti Champions setiap tahunnya.

Diperhatikan dari sisi teknis, kedua tim musim ini sama-sama memakai sistem 4-2-3-1 dengan meletakkan dasar filosofi menyerang. Kekuatan skuad yang dimiliki juga hampir sama; kualitas merata di semua posisi. Yang membedakan adalah kondisi psikis serta performa terakhir kedua tim. Pemain Arsenal sedang berada dalam kondisi psikologi kritis setelah tersingkir dari ajang Piala FA dan kesulitan mencapai posisi papan atas klasemen di Premier League, yang biasanya jadi langganan mereka.

Kebalikannya Bayern sedang berada dalam kondisi konsiten. Belum pernah kalah sejak periode 2013 dan memuncaki klasemen Bundesliga Jerman dengan selisih 15 poin dari rival terdekatnya. Hal ini menempatkan Arsenal sebagai tim underdog.

"Pertandingan melawan Bayern sangat berbeda sebab kompetisinya berbeda, lawan berbeda. Jadi kami harus lebih fokus. Kami butuh spirit lagi untuk memenangkan pertandingan," kata Kapten Arsenal Thomas Vermaelen dikutip TRIBUNnews.com dari situs resmi Arsenal, Senin (18/2/2013).

Kubu Bayern memiliki pandangan lain tentang pertemuan ini. Skuad The Bavarian menyadari sepenuhnya ancaman yang bisa dihadirkan The Gunners dengan kapasitas dan kualitas yang dimiliki wakil Inggris tersebut.

"Kami tidak melakukan selebrasi ketika mengetahui hasil drawing mempertemukan kami dengan Arsenal. Sangat sulit melawan mereka, mereka punya tradisi lama tapi mereka bukan bertipikal tim Inggris," kata gelandang Bayern Bastian Schweinsteiger dalam situs resmi klub.

Scweinsteiger menyadari betul tipikal permainan Arsenal memang beda dengan gaya tim Inggris lainnya yang biasanya memainkan sepakbola langsung. Arsenal lebih suka menerapkan sistem menyerang dikombinasi dengan penguasaan bola. Untuk itu skuad Bayern bersepakat perlunya menempatkan diri mereka di posisi benar untuk mendapatkan keuntungan di markas Arsenal sebelum melakoni leg kedua yang akan digelar di Allianz Arena, markas besar Bayern.

"Kami harus meletakkan diri kami di posisi yang benar sebelum menjalani leg kedua. Saya pikir pertandingan di London adalah tipikal pertandingan yang beda dengan pertandingan lainnya," kata penyerang Bayern Thomas Mueller.

Kesamaan formasi 4-2-3-1 yang dianut kedua tim ternyata juga berdampak pada kesamaan kelemahan yang mereka miliki. Keduanya sama-sama stabil ketika menyerang tapi selalu lemah dalam bertahan. Dalam posisi bertahan, kedua tim biasanya juga sama-sama mengandalkan serangan balik untuk menjebol gawang lawan. Peran ini sepertinya akan lebih dominan diambil Bayern dengan status mereka sebagai tim tamu.

Di kubu Arsenal beberapa pemain di posisi depan dan tengah memiliki peran kunci untuk memainkan sistem ini. Dialah Oliver Giroud yang akan dijadikan sebagai penyerang tunggal. Penyerang asal Perancis ini akan di-back up tiga gelandang yang sama-sama memiliki naluri menyerang yaitu Lukas Podolski, Santi Cazorla, dan Theo Walcott.

Sementara dua gelandang lainnya Jack Wilshere dan Mikel Arteta akan berperan menyeimbangkan ritme permainan terutama saat Arsenal berada dalam kondisi ditekan atau untuk mematahkan serangan balik.

Arsenal punya masalah cukup serius di sektor kiri pertahanan. Dengan cedera yang dialami Kieran Gibbs, The Gunners nyaris tak punya bek kiri alami. Andre Santos dipinjamkan ke klub Brasil, dan penggantinya Nacho Monreal dilarang tampil karena cup-tie (pernah memperkuat Malaga di babak penyisihan grup).

Ini memungkinkan Vermaelen digeser ke posisi tersebut dengan Per Martesacker dan Laurent Koscielny di bek tengah. Sementara Bacary Sagna di pos bek kanan dengan cadangan Carl Jenkinson dan Francis Coquelin.

Sementara Bayern akan tampil tanpa Holger Badstuber karena cedera dan Jerome Boateng yang menjalani suspensi. Namun kekuatan pertahanan Bayern masih akan tetap dihuni lima pemain top antara lain kiper Manuel Neuer, bek berpengalaman Philipp Lahm dan Daniel van Buyten, serta pemain muda Dante dan David Alaba.

Lini tengah mereka juga akan makin solid setelah Javi Martinez sembuh dari cedera. Tentunya juga dengan Bastian Schweinsteiger dan Franck Ribery. Pilihan sulit dihadapi Bayern untuk menentukan gelandang kanan antara Thomas Mueller dan Arjen Robben.

Di posisi ini Robben selalu jadi cadangan menyusul performa buruknya tapi dia tampil gemilang di laga terakhir dan menyatakan sangat pantas untuk dimainkan melawan Arsenal. "Tak ada alasan untuk tidak memainkanku," kata Robben.

Bayern juga masih menyimpan pemain potensial lainnya yakni Toni Kroos yang bisa memberi suntikan tenaga besar saat mengalami situasi deadlock. Sementara lini depan ada dua Mario, Gomez dan Mandzukic. Namun performa keduanya di Liga Champions kurang kinclong. Mandzukic yang tampil empat kali belum mencetak gol, sedang Gomez yang baru bermain dua kali menyumbang satu gol. Claudio Pizarro yang menjadi top scorer klub dengan tiga gol diragukan turun karena cedera.

Pada pertemuan terakhir kedua tim di London, 19 Maret 2005, Arsenal unggul tipis 1-0 atas Bayern. Total dari empat pertemuan, Arsenal menang sekali, Bayern dua kali, dan sekali berakhir imbang.(Tribunnews.com/cen)

Penulis: Husein Sanusi
Editor: Dodi Esvandi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
1457771 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • webunic andrie-Selasa, 19 Februari 2013 Laporkan
    Oh iya sekarang semua hal hal unik dan berita unik ddan aneh teruodate berada di webunic lhoo,, coba check sendiri aja kawan,, 1000% ORIGINAL beda sama yang lain,,!

    webunic.blogspot.com
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas