Pra Piala Asia 2015

Yohanes Auri: Di Timnas, Tugas Saya Membantu Blanco

Kenangan kejayaan sepakbola Indonesia di masa lalu membuat Yohanes Auri tertarik untuk membantu tim nasional Indonesia

Yohanes Auri: Di Timnas, Tugas Saya Membantu Blanco
TRIBUN/DANY PERMANA
Pemain Tim Nasional Indonesia mengikuti sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (14/3/2013). Latihan tersebut merupakan persiapan jelang pertandingan Pra-Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi di SUGBK 23 maret mendatang. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kenangan kejayaan sepakbola Indonesia di masa lalu membuat Yohanes Auri tertarik untuk membantu tim nasional Indonesia di bawah pengelolaan Badan Tim Nasional (BTN).

Mantan pesepakbola yang sempat membela timnas di era 1975-1985 terlihat datang ke lapangan selama pemusatan latihan nasional (pelatnas) Timnas Indonesia Pra Piala Asia 2015 berlangsung.

"Saya diminta oleh Habil Marati untuk membantu Timnas PSSI. Tentu saja saya senang, sebab ini merupakan kesempatan mengabdi kepada bangsa ini," ujarnya ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Pemain yang berposisi di bek kiri itu mengaku, dia beberapa kali sempat bertemu serta berdiskusi dengan pelatih asal Argentina, Luis Manuel Blanco. Pelatih yang baru menangani timnas itu merupakan sosok baik serta terbuka untuk menerima masukan dari siapa saja.

"Saya berdiskusi dengan pelatih itu terkait timnas. Dia menerima masukan itu, tetapi saya tidak memaksakan kehendak karena dia merupakan pelatih. Tugas saya hanya membantu," tuturnya.

Timnas Indonesia saat ini sedang menggelar pelatnas timnas Pra Piala Asia 2015 untuk persiapan melawan Arab Saudi pada 23 Maret 2013. Pelatnas tersebut sudah berlangsung selama satu minggu.

Berbicara soal peluang Timnas Indonesia menghadapi Arab Saudi, mantan pemain Persipura Jayapura itu mengaku, dia melihat Indonesia mempunyai potensi untuk mengalahkan salah satu negara di kawasan Asia Barat itu.

Potensi itu ada sebab para pemain sudah mempersiapkan diri secara maksimal. Apalagi para pemain yang bermain di klub-klub peserta kompetisi ISL kemungkinan akan segera bergabung. Bisa diperkirakan kekuatan Timnas Indonesia.

"Sudah tentu saya berharap supaya pemain yang diasuh oleh Blanco memperoleh keberhasilan. Ini untuk masyarakat pecinta sepakbola. Ada harapan dari masyarakat supaya Yang Maha Kuasa melihat," katanya.

"Selalu berharap tidak boleh pesimistis sekalipun waktu persiapan sangat singkat, tapi kita selalu berharap. Saya yakin mereka pemain profesional jadi sudah punya persiapan masing-masing yang sudah cukup. Ditambah latihan cukup keras sehingga berharap mereka tampil maksimal, paling tidak memberikan perlawanan," katanya.

Timnas Indonesia pada Pra Piala Asia 2015 berada di grup C bersama Irak, China, dan Arab Saudi. Pada pertandingan pertama Timnas Indonesia kalah dari Irak 0-1 pada pertandingan yang dilangsungkan di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (6/2/2013).

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Gusti Sawabi
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved