Senin, 24 November 2014
Tribun Superball

Chelsea vs MU 1-0: Jalannya Pertandingan

Senin, 1 April 2013 21:33 WIB

Chelsea vs MU 1-0: Jalannya Pertandingan
Demba Ba

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Chelsea mendapatkan tiket semifinal Piala FA setelah menghentikan langkah Manchester United 1-0 di partai ulangan yang digelar di stadion Stamford Bridge, Senin (1/4).

Demba Ba jadi pahlawan berkat gol tunggalnya di menit 49.

Kedua tim memulai pertandingan dengan tempo lambat. MU yang pada laga ini tidak diperkuat Wayne Rooney mengambil inisiatif untuk menyerang lebih dulu. Danny Welbeck, Tom Cleverley, dan Luis Nani beberapa kali mencoba membangun serangan dari sisi sayap lapangan.

Kubu tuan rumah sendiri terlihat sabar menunggu para pemain MU kehilangan bola. Sepanjang babak ini, skuad asuhan Rafael Benitez itu lebih banyak mengandalkan serangan balik dengan mengandalkan kecepatan Oscar, Eden Hazard, dan Juan Mata di lini tengah.

Chelsea mendapatkan peluang lebih dulu melalui Demba Ba pada menit ke-30. Berawal dari serangan balik, Hazard memberikan umpan terobosan yang langsung dilanjutkan dengan tendangan keras Ba. Namun, bola tendangannya itu masih dapat ditepis David de Gea sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Memasuki pertengahan babak pertama, giliran Chelsea yang mengendalikan tempo pertandingan. Sejumlah serangan MU pun terlihat kerap menemui jalan buntu karena barisan pertahanan Chelsea tampil cukup disiplin.

Peluang terbaik MU diperoleh Hernandez lima menit sebelum babak pertama usai. Berawal dari tendangan De Gea, Hernandez melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Akan tetapi, usahanya itu masih dapat digagalkan Petr Cech. 

Selepas turun minum, Chelsea langsung tampil menyengat. Pertandingan baru berjalan empat menit, Ba sukses membuat pendukung tuan rumah bersorak setelah mampu mengubah skor 1-0 untuk Chelsea. Gol tersebut dibuatnya setelah memaksimalkan umpan lambung Mata. 

Tertinggal, MU berusaha membalas. Pada menit ke-61, Hernandez mendapat kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan. Namun, bola hasil sundulannya usai menerima umpan Welbeck masih dapat ditepis Cech dengan baik. Robin van Persie dan Ryan Giggs pun masuk untuk menambah daya gedor lini depan Setan Merah. 

Dua menit berselang, giliran Chelsea yang memperoleh peluang emas. Namun, upaya Mata yang mencoba melakukan tendangan keras dari dalam kotak penalti juga masih dapat digagalkan De Gea yang tampil baik sepanjang pertandingan ini. 

Sepanjang pertengahan babak kedua, kedua tim bermain terbuka dan saling jual beli serangan. Chelsea lebih dulu mendapatkan serangan lewat Hazard, tetapi masih dapat diblok barisan belakang MU. Sementara Van Persie memperoleh kesempatan, tetapi usahanya juga masih dapat digagalkan bek Chelsea.

MU terus berusaha menyamakan kedudukan hingga menit-menit akhir. Akan tetapi, sejumlah peluang yang diperoleh Van Persie dan kawan-kawan gagal dikonversikan menjadi gol karena barisan pertahanan Chelsea tampil cukup baik. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-0 untuk tuan rumah tidak berubah. 

Menurut catatan Soccernet, sepanjang pertandingan, Chelsea menguasai bola sebanyak 50 persen dan menciptakan delapan peluang emas dari 18 usaha. Adapun MU melepaskan tiga tembakan dari tujuh percobaan.

Susunan Pemain:
Chelsea:
 1-Petr Cech, 2-Branislav Ivanovic, 3-Ashley Cole (34-Ryan Bertrand 21), 4-David Luiz, 28-Cesar Azpilicueta, 7-Ramires, 10-Juan Mata, 11-Oscar (13-Victor Moses 90), 12-John Mikel Obi, 17-Eden Hazard, 29-Demba Ba (9-Fernando Torres 90).
Pelatih: Rafael Benitez.

Man Utd: 1-David De Gea, 3-Patrice Evra, 4-Phil Jones, 5-Rio Ferdinand, 12-Chris Smalling, 7-Antonio Valencia, 16-Michael Carrick, 17-Nani (11-Ryan Giggs 65), 23-Tom Cleverley (20-Robin van Persie 61), 14-Javier Hernandez, 19-Danny Welbeck (18-Ashley Young 78).
Pelatih: Sir Alex Ferguson.

Wasit: Phil Dowd.

Editor: Ravianto
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas