• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Superball

Final Sesama Jerman, Final Senegara Keempat di Liga Champions

Kamis, 2 Mei 2013 05:53 WIB
Final Sesama Jerman, Final Senegara Keempat di Liga Champions
Javi Martinez minta digendong Arjen Robben 

TRIBUNNEWS.COM, BARCELONA - Akhir April lalu, Presiden Asosiasi Sepak Bola Jerman, DFB, Wolfgang Niersbach, berharap final Liga Champions 2012-13 mempertemukan dua tim Jerman, Borussia Dortmund kontra Bayern München.

“Semua orang akan melihat sepak bola Jerman merupakan salah satu yang terhebat di Eropa. Tidak hanya di level klub namun juga timnas. Sekarang, saatnya kami bermimpi untuk melihat final sesama tim Jerman,” kata Niersbach pada Bild, waktu itu. 

Harapan itu akhirnya terwujud. Sehari setelah Dortmund melaju ke final, Rabu (30/4), Bayern memastikan merebut tiket ke Stadion Wembley setelah menyisihkan Barcelona.

Der Klassiker pun tercipta. Inilah untuk kali pertama final sesama tim Jerman terjadi di Liga Champions. Bundesliga 1 menjadi liga terakhir yang bisa menyertakan dua wakilnya di final Liga Champions.

Final satu tim senegara pertama kali terjadi pada 2000. Ketika itu, Real Madrid tampil sebagai kampiun setelah menang telak atas Valencia.

Tiga tahun berselang, giliran Serie-A yang menyertakan dua wakilnya di final. AC Milan menjadi yang terbaik di final setelah mengalahkan Juventus melalui adu penalti.

Pada 2008, giliran wakil Inggris menciptakan All English Final. Seperti halnya pada 2003, duel Manchester United dan Chelsea harus ditentukan melalui adu penalti.

Kali ini giliran Bayern dan Dortmund yang menciptakan sejarah. Meski berstatus juara Bundesliga 1, Bayern pantang anggap enteng Dortmund. Madrid dan Milan menjadi juara Liga Champions pada 2000 dan 2003 saat tidak menjadi juara di liga domestik.

Bagi publik Jerman sendiri, harapan untuk melihat tim dari negaranya menjadi juara kesampaian. Kali terakhir ada wakil Bundesliga menjadi juara terjadi 13 tahun lalu. Saat Bayern menang adu penalti atas Los Che. 

Editor: Ravianto
Sumber: Duniasoccer.com
0 KOMENTAR
1735531 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas