• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 28 Juli 2014
Tribun Superball

Lima Pembelian Terbaik Alex Ferguson

Rabu, 8 Mei 2013 18:20 WIB
Lima Pembelian Terbaik Alex Ferguson
Peter Schmeichel menyalami Sir Alex Ferguson usai memastikan juara Liga Inggris 1999 

TRIBUNNEWS.COM, MANCHESTER - Sejak datang ke Manchester United pada tahun 1986, Sir Alex Ferguson meraih banyak kesuksesan.

Prestasi paling mentereng adalah ketika mencetak treble winners pada tahun 1999.

Dalam perjalanannya menuju semua kesuksesan hingga memutuskan pensiun pada akhir musim 2013 ini, Ferguson melakukan sejumlah pembelian pemain. Ada lima pembelian yang dinilai paling sukses, yaitu:

1. Peter Schmeichel (dibeli dari Brondby pada 1991)

Tak dipungkiri, Schmeichel termasuk salah satu penjaga gawang terhebat dalam sejarah Premier League. Aksi penjaga gawang timnas Denmark ini sangat heroik, yang ikut membantu MU meraih deretan prestasi di era 90-an.

Schmeichel dibeli dengan harga 500.000 poundsterling. Puncak dari kesuksesannya adalah ketika ikut mempersembahkan Setan Merah meraih trebble winners pada tahun 1999.

2. Eric Cantona (dibeli dari Leeds United pada 1992)

Kehadiran Eric Cantona di Old Trafford selama lima tahun takkan pernah terlupakan. Pemain asal Perancis ini, yang dihargai Ferguson 1 juta poundsterling, mampu menyita perhatian fans, dengan skill-nya yang luar biasa. Cantona ikut mempersembahkan empat gelar Premier League dan dua trofi Piala FA.

Namun, di balik kejeniusannya sebagai pesepakbola, Cantona sangat temperamental. Aksinya yang paling terkenal adalah tendangan kungfu ke suporter Crystal Palace. Cantona pensiun pada tahun 1997, ketika berusia 30 tahun.

3. Roy Keane (dibeli dari Nottingham Forest pada 1993)

Gelandang asal Irlandia ini dibeli dengan harga 3,75 juta poundsterling, sehingga menjadi rekor transfer di Inggris waktu itu. Pilihan Ferguson sangat tepat, karena Keane membayar lunas harga yang dikeluarkan Ferguson.

Dalam 12 tahun kariernya di Old Trafford, Keane menyumbang berbagai gelar bagi Setan Merah, yang membuat mereka mendominasi sepak bola Inggris. Gelar-gelar itu termasuk Liga Champions 1999 (treble winners).

4. Cristiano Ronaldo (dibeli dari Sporting Lisbon paada 2003)

Ferguson mendatangkan seorang pemain muda dari Portugal dengan harga 12,24 juta poundsterling. Tak butuh waktu yang lama bagi Ronaldo untuk beradaptasi, karena bakat yang luar biasa membuat gelandang lincah ini langsung menjelma menjadi seorang bintang baru.

Ronaldo memperlihatkan produktivitasnya yang mengagumkan karena pada musim 2007-08, dia berhasil mengemas 42 gol, di mana pada waktu itu juga MU kembali meraih gelar Liga Champions. Setahun berselang, Ronaldi ditransfer ke Real Madrid dengan harga sangat fantastis, 80 juta poundsterling, yang sampai sekarang masih menjadi transfer tertinggi di dunia.

5. Edwin van der Sar (dibeli dari Fulham pada 2005)

Penjaga gawang asal Belanda ini didatangkan saat berusia 34 tahun dengan harga yang tak diungkapkan. Kedatangan Van der Sar menjadi solusi MU untuk menutup lubang di barisan belakang sejak Schmeichel pensiun.

Mantan penjaga gawang Juventus ini menorehkan sejumlah rekor, termasuk clean sheet pada musim 2008-09, sebelum akhirnya pensiun pada 2011. Selama kariernya di Old Trafford, Van der Sar mempersembahkan empat gelar Premier League dan satu Liga Champions.

Editor: Ravianto
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1762941 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas