Coppa Italia

AS Roma vs Lazio: Roma Membara

Di ibukota Italia ini akan tersaji final Coppa Italia antara dua tim sekota, AS Roma dan Lazio, di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (26/5/2013).

AS Roma vs Lazio: Roma Membara
net

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Husein Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, ROMA - SETELAH Kota London panas oleh perhelatan final Liga Champions, kini giliran suhu Kota Roma yang akan membara. Di ibukota Italia ini akan tersaji final Coppa Italia antara dua tim sekota, AS Roma dan Lazio, di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (26/5/2013).

Seluruh mata dunia akan tertuju ke Stadion Olimpico untuk menjadi saksi sengitnya laga final Coppa Italia yang untuk kali pertama menampilkan Derby della Capitale. Inilah derbi terpanas di Italia.    

Kedua tim memang punya rivalitas sengit dan mendarah daging. Kini mereka akan bertarung militan seperti para gladiator untuk menjadi yang terbaik di ibukota Italia.

Persaingan panas kedua tim berimbas pada permusuhan kedua kubu suporter. Berbagai persiapan pun dilakukan kedua kubu untuk mencegah terjadinya kerusuhan antara suporter alias tifosi.     
Potensi itu sangat mungkin terjadi jika dilihat dari situasi pertemuan terakhir kedua tim di pentas Serie A. April lalu terjadi kerusuhan di jalan-jalan Kota Roma ketika dihelat Derby della Capitale. Tifosi dari kedua kubu terlibat bentrok dan dikabarkan terjadi penusukan hingga memakan korban.

Selain itu tifosi dari kedua kubu bermasalah dengan masalah rasisme. Akibatnya Lazio dihukum dilarang main tanpa penonton di dua pertandingan kandang setelah Laziale melakukan tindakan rasialis dengan menghina pemain Borussia Moenchengladbach di Liga Europa.

Roma juga punya masalah serius dengan fans mereka musim ini. Roma didenda 50,000 euro akibat ulah Romanisti yang mengeluarkan nyanyian berbau rasis ketika laga melawan AC Milan dan Napoli.    
Musim ini Roma dan Lazio sama-sama gagal di kompetisi Serie A. Keduanya mengakhiri kompetisi di urutan enam dan tujuh.

Maka tak pelak gelar juara Coppa Italia jadi tujuan utama mereka untuk mengakhiri kompetisi dengan prestasi. Menjadi kampiun Coppa Italia juga akan memberi tiket lolos ke Liga Europa musim depan.

Bersama Juventus, Roma menjadi klub paling sukses di ajang Coppa Italia. Il Lupi sembilan kali menjadi juara, dimana mereka memenangi secara beruntun pada 2007 dan 2008. Sedang Lazio lima kali merasakan gelar Coppa Italia. Terakhir juara pada 2009.  

Dari sisi pertemuan kedua tim, tim besutan Vladimir Petkovic memenangkan tiga pertemuan dari empat pertemuan terakhir. Di pentas Serie A, Lazio musim ini menang 3-2 pada November lalu dan kemudian bermain imbang 1-1 pada April lalu.

Halaman
12
Penulis: Husein Sanusi
Editor: Ade Mayasanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
klasemen
Tim P M M S K
36151203
32151023
32151023
2815843
2815843
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help