Jumat, 21 November 2014
Tribun Superball

Persib Kalahkan Real Madrid

Sabtu, 29 Juni 2013 04:06 WIB

Persib Kalahkan Real Madrid
TRIBUN JABAR/DENI DENASWARA
Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurjaman (kedua kiri) memberikan arahan kepada pemain pada sesi latihan di Lapangan Pusdik Pom, Cimahi, Jawa Barat, Kamis (20/6/2013) 

TRIBUNNEWS.COMPersib Bandung sebagai sebuah tim besar dan melegenda kini sudah menyodok ke tingkat dunia. Setidaknya nama Persib kini bisa bersaing dengan klub-klub papan atas dunia melalui sebuah situs bernama thetoptens.com.

Dari URL http://www.thetoptens.com/best-football-soccer-club/, hingga Jumat (28/6) sore, Persib mampu bercokol di urutan tiga besar klub terbaik dunia hasil voting. Persib memperoleh vote 10 persen para pengunjung situs ini. Skor ini hanya berselisih satu persen dengan Barcelona dan sama dengan Manchester United.

Hasil voting ini juga membuktikan bahwa kebesaran nama Persib mampu mengalahkan sederet nama besar klub-klub papan atas dunia semacam Real Madrid yang berada di peringkat empat dengan sembilan persen), Galatasaray peringkat lima dengan skor lima persen, Chelsea yang ada di peringkat enam dengan lima persen. Dalam daftar top ten, ada satu tim Asia lainnya yaitu Persepolis asal Iran di posisi 10 dengan empat persen.

Thetoptens.com merupakan situs yang memungkinkan semua pengunjung di seluruh dunia memberikan voting terhadap segala hal termasuk sepak bola dan klub sepak bola. Tidak ada hitungan pasti sejak kapan voting ini digelar. Namun sejauh ini, nama klub Persib Bandung menjadi satu-satunya klub Asia yang mampu menembus peringkat tiga besar. Tidak menutup kemungkinan voting ini masih terus mengubah perolehan vote karena setiap pengunjung dari berbagai belahan dunia masih bisa meberikan voting.

Dari laman ini terlihat jelas bahwa dukungan diberikan berdasarkan banyaknya jumlah pemilih terhadap klub bersangkutan. Dari Persib sendiri terlihat lebih dari 50 komentar sudah masuk sebagai bagian dari nilai voting.

Komentarnya bermacam-macam. Di antaranya, "PERSIB have a fanatic supporter and the supporter PERSIB known as BOBOTOH, BOBOTOH spread in all of part of indonesia and world, everywhere PERSIB play BOBOTOH always support and come, actually PERSIB is the best for all aspect like in supporter, management, sponsor etc, but a sistem of competition in Indonesia is very bad, like referre and many mafia" (Persib memiliki pendukung fanatik dan pendukung itu disebut bobotoh. Bobotoh berasal dari seluruh bagian penjuru Indonesia bahkan dunia. Di manapun Persib main, bobotoh selalu datang. Secara nyata bahwa Persib adalah yang terbaik dari berbagai aspek, sayangnya sistem sepak bola Indonesia sangat buruk seperti (kualitas) wasit dan mafia).

Untuk 100 besar, ada beberapa tim Indonesia yang masuk. Persebaya Surabaya berada di posisi 18 dengan satu persen vote. Arema Indonesia di peringkat 26 dengan 0,5 Persen, Perseipura Jayapura di posisi 32 dengan 0,2 persen, Sriwijaya FC di posisi 41 dengan 0,1 persen, Persikab Kabupaten Bandung di posisi 56 dengan 0,1 persen, PSPS Pekanbaru di posisi 63 dengan 0,1 persen. Selain itu juga ada Persikabo Bogor di posisi 74, Persisam Putra Samarinda di posisi 96, dan Gresik United di posisi 98.(Tribun Jabar/set)

Editor: Dodi Esvandi
Sumber: Tribun Jabar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas