Demba Ba: Agamaku Lebih Penting dari Sepak Bola

Setiap kali mencetak gol, Striker Chelsea, Demba Ba selalu merayakannya dengan cara bersujud di lapangan rumput.

Demba Ba: Agamaku Lebih Penting dari Sepak Bola
zimbio
Demba Ba 

TRIBUNNEWS.COM – Setiap kali mencetak gol, Striker Chelsea, Demba Ba selalu merayakannya dengan cara bersujud di lapangan rumput.

Sujud syukur seperti itu tadinya merupakan hal aneh bagi publik Inggris.

Namun di antaranya berkat konsistensi Ba melakukannya --dan juga karena striker yang sering mencetak gol-- publik Inggris pun akhirnya paham bahwa itu melakukan salah satu cara orang Islam menyatakan rasa syukurnya.

Selebrasi gol dengan bersujud, dan konsistensi dalam menjalankan ibadah puasa adalah dua hal yang melekat pada diri pemain timnas Senegal kelahiran Sevres, Prancis 25 Mei 1985 ini.

Asal tahu saja, ia rela pindah dari Newcastle ke Chelsea setelah ada pembicaraan dengan manajemen the Blues yang mau mengakomodasi kebutuhan spiritualnya.

Ia mendapat jaminan dari klub, disediakan makanan halal, opsi kamar mandi terpisah, dan diberikan waktu maupun ruangan khusus untuk menjalankan ibadah shalat atau sekadar berdoa menjelang bertanding.

Baru-baru ini Ba pun membuat pernyataan yang membuat seluruh muslim di dunia bangga. Ia mengungkapkan betapa penting agama Islam untuk dia.

"Agamaku adalah hal terpenting dalam hidup ini. Ya, islam jauh lebih penting dari sepak bola sekalipun," tutur sang pemain kepada BBC.

Tidak hanya itu, Ba juga sudah mewanti-wanti manajer yang melatihnya untuk tak khawatir saat sang pemain menjalankan puasa.

"Setiap ada manajer yang tidak senang aku berpuasa, aku bakal memastikan performaku tetap baik dan tetap bisa dimainkan. Jika tidak, mereka bebas membangkucadangkan aku," ujar Ba yang pada liburan musim panas lalu menyempatkan waktu untuk umrah ke Makkah ini.

Editor: Dodi Esvandi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help