Liga Inggris

Lukaku Memburu Gol Ke-10

Everton punya daftar panjang Bogeyman sepanjang kiprah di Liga Primer. Sebut saja misalnya Ian Rush (yang telah 26 kali membobol gawang Everton),

Lukaku Memburu Gol Ke-10
zimbio.com
Romelu Lukaku 

TRIBUNNEWS.COM - Setiap tim  punya pemain lawan yang paling ditakuti. Pemain musuh yang produktivitasnya sangat tinggi dalam membobol gawang. Bogeyman adalah istilah di Inggris untuk tipikal pemain seperti itu.

Everton punya daftar panjang Bogeyman sepanjang kiprah di Liga Primer. Sebut saja misalnya Ian Rush (yang telah 26 kali membobol gawang Everton),  Alan Shearer (18), Les Ferdinand (16), dan Ian Wright (15). Setiap kali bertemu, mereka-mereka ini seperti sangat bernafsu membobol gawang The Blues.

Tapi, tak satupun dari kuartet maut itu yang menyamai rekor dari striker Everton, Romelu Lukaku. Bomber asal Belgia ini selalu mencetak gol dalam sembilan kali duel dengan West Ham. Konsistensi yang pastinya membuat para awak The Hammers gemetar saat menjamu Everton di Stadion London dalam pekan ke-34 Liga Primer Inggris, Sabtu (22/4).

Malam nanti, Lukaku memburu gol ke-10 beruntun ke gawang Everton. Itu rekor luar biasa yang belum pernah ditorehkan oleh striker lain sepanjang sejarah Liga Primer.

Dan jika pun Lukaku belum mencetak gol sampai jeda babak pertama, kubu The Hammers tak boleh lantas terus bergembira. Pasalnya, statistik menunjukkan, lima dari sembilan gol Rom's ke gawang West Ham lahir setelah menit ke-85.

Kiprah Lukaku sendiri musim ini sangat mengerikan. Ia jadi top skor sementara dengan 24 gol. Dua laga terakhir, ia mencetak tiga gol penentu kemenangan Everton.

Aksi Lukaku mendongkrak performa Everton secara keseluruhan. Mereka mengalahkan Burnley 3-1 akhir pekan lalu yang menjadi kemenangan keempat dari enam laga terakhir. Saat ini, The Toffees punya poin sama, 67, dengan Arsenal yang berada di peringkat keenam klasemen sementara.

Mereka juga terbilang tim yang subur dengan mengemas 60 gol, dan hanya terpaut lima gol dari Chelsea di puncak klasemen. Sayangnya, titik lemah The Toffees adalah lini pertahanan, terutama saat laga tandang. 12 laga tandang terakhir, mereka hanya dua kali menang, empat seri, dan enam kalah dengan jumlah kebobolan 21 gol.

Bagaimana pun, Everton tetap jadi favorit di laga malam nanti. Performa West Ham acak-acakan berbanding kontras dengan laju Everton. Sembilan laga terakhir, skuat asuhan Slaven Bilic ini baru mengemas sekali kemenangan, dengan lima kali kalah, dan sekali seri.

Laga terakhir, mereka bermain imbang 2-2 kontra tim juru kunci, Sunderland. Dan markas baru mereka, Stadion London sepertinya belum memberikan berkah. Alih-alih jadi benteng pertahanan, stadion ini justru jadi kuburan tim. Dari delapan laga di sana, mereka hanya dua kali menang, sekali imbang, dan lima kali kalah dengan jumlah kebobolan 18 gol.

The Hammers masih tetap dipusingkan dengan cederanya sejumlah pemain pilar yakni Michail Antonio, Winston Reid, Pedro Obiang, Angelo Ogbonna, dan Gokhan Tore. Sementara  Mark Noble tak bisa bermain karena diskors.

Kubu Everton juga tampil tanpa sejumlah pemain yang bertumbangan karena cedera yakni Muhamed Besic, Ramiro Funes Mori, Seamus Coleman, Aaron Lennon, James McCarthy, dan Yannick Bolasie.

Penulis: Deny Budiman
Editor: Husein Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help