Liga Europa

Mourinho Minta Semua Pemain MU Belajar dari Rashford

Namun kemenangan dengan agregat 3-2 itu harus dibayar mahal dengan cederanya Zlatan Ibrahimovic yang sepertinya akan absen sampai akhir musim.

Mourinho Minta Semua Pemain MU Belajar dari Rashford
ian hodgson/dailymail
Selebrasi Marcus Rashford setelah mencetak gol 

TRIBUNNEWS.COM - Jose Mourinho memuji penyerang belia, Marcus Rashford yang golnya membawa kemenangan Manchester United (MU) 2-1 atas Anderlecht dalam leg kedua perempatfinal Europa League di Stadion Old Trafford. Mou pun meminta para pemain lain tak segan belajar dari Rashford.

Namun kemenangan dengan agregat 3-2 itu harus dibayar mahal dengan cederanya Zlatan Ibrahimovic yang sepertinya akan absen sampai akhir musim. Turut cedera pula bek Marcos Rojo.

Ibra ditarik menit ke-90 karena cedera lutut serius. Rash, panggilan Rashford pun digeser jadi ujung tombak, dan mencetak gol penentu kemenangan menit ke-107. Empat hari sebelumnya, adalah penyerang 19 tahun ini pula yang mencetak gol pembuka kemenangan MU atas Chelsea 2-0 di Liga Inggris.

"Saat kedudukan 1-1, Anda dalam risiko. Kalau Anda berbicara tentang kualitas Marcus, dan apa yang dia punya fantastis. Secara mentalitas, dia luar biasa. Apalagi dia tidak mencetak gol sejak September di Liga Europa," kata Mourinho.

"Beberapa pemain tidak mengerti apa yang saya inginkan. Mereka harus belajar dari Marcus, ia pemain yang saya percayai. Tidak masalah kalau dia tidak mencetak gol. Usaha dan sikap dia fantastis," ujarnya lagi memuji.

Rashford sejauh ini sudah membukukan 10 gol, dan lima assists di semua ajang bersama MU, atau tinggal berjarak dua gol dari catatan golnya musim lalu.

"Yang bisa Anda lakukan adalah terus mencoba dan kami bisa melakukannya. Kami terus berusaha sampai akhir. Kami menciptakan gol pada akhirnya dan semua orang merasa senang," kata Rashford.

Berbekal hasil imbang 1-1 pada pertemuan pertama, MU tampil mendominasi dan langsung menekan sejak awal laga. Baru 10 menit laga berjalan, Henrikh Mkhitaryan sudah membuat publik Old Trafford bersorak.

Rashford menjadi kreator gol pertama Setan Merah. Umpan dia diselesaikan Mkhitaryan lewat tendangan rendah yang tak mampu diantisipasi kiper Ruben.

Pada menit ke-22, MU kehilangan Marcos Rojo yang cedera hingga harus digantikan Daley Blind. Sepuluh menit setelah pergantian itu, skor agregat menjadi sama kuat. Dalam situasi kemelut di muka gawang MU, Sofiane Hanni memanfaatkannya untuk menceploskan bola ke gawang Sergio Romero.

Dominasi tuan rumah terus berlanjut pada babak kedua. Akan tetapi, tak ada gol tercipta sehingga babak perpanjangan waktu harus dilakukan karena skor agregat masih sama kuat 2-2.

Pada pengujung waktu normal, Manchester United harus kehilangan Ibrahimovic lantaran cedera. Striker asal Swedia itu mengalami nyeri seusai salah bertumpu saat mencoba menyambut bola di udara.

Kendati tanpa Ibrahimovic, MU tetap bisa mencetak gol penentu langkah via Rashford pada menit ke-107. Bermula dari umpan jauh Blind, Marouane Fellaini menyundul bola yang langsung diselesaikan Rashford untuk mengubah skor menjadi 2-1.

Skor 2-1 bertahan hingga laga selama 120 menit itu usai. Manchester United melangkah ke semifinal dengan agregat 3-2. Tiga semifinalis lain yang juga ikut lolos adalah Celta Vigo, Lyon, dan Ajax. Pengundian dilakukan Jumat (21/4) malam tadi di Nyon, Swiss.

Penulis: Deny Budiman
Editor: Husein Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help