Gara-gara Walikota Masuk Kamar Ganti Pemain Persib Bandung Terancam Hukuman Berat

Hukuman terus menerus menghinggapi Persib Bandung belakangan ini.Tim yang dijuluki Maung Bandung itu harus menerima hukuman setelah beberapa pelanggar

Gara-gara Walikota Masuk Kamar Ganti Pemain Persib Bandung Terancam Hukuman Berat
Ridwan Kamil (Kompas.com)
Ridwan Kamil (Kompas.com) 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Hukuman terus menerus menghinggapi Persib Bandung. Tim yang dijuluki Maung Bandung itu harus menerima hukuman setelah beberapa pelanggaran dilakukan oleh para suporter serta Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Sebelumnya, Persib Bandung mendapatkan hukuman lantaran beberapa suporter mereka yang dijuluki Bobotoh masuk ke dalam lapangan ketika Persib menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Minggu (4/6/2017).

Komisi Disiplin PSSI melarang suporter Persib Bandung menggunakan atribut selama tiga pertandingan Liga 1 mendatang.

Aksi bobotoh Persib Bandung
Aksi bobotoh Persib Bandung saat mendukung timnya pada Piala Presiden 2015 di Bandung.

Sementara itu, Maung Bandung juga dikenai denda sebesar Rp 45 juta karena ulah Bobotoh tersebut.

Kini mereka kembali terancam mendapatkan hukuman lantaran Ridwan Kamil terlihat memasuki ruang ganti pemain, kala menghadapai Persiba Balikpapan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (11/6/2017).

Walikota yang kerap disapa Kang Emil itu tidak seharusnya memasuki ruang ganti pemain, lantaran bisa melanggar aturan Bab 1 Pasal 6 Ayat 2 Poin O, di mana tim menjamin bahwa tidak ada personil yang tidak berhak untuk memasuki ruang ganti tim.

Siapapun itu yang tak termasuk official tim hanya boleh memasuki ruang ganti setelah pertandingan usai digelar.

Pelanggaran tersebut membuat tim berjuluk Maung Bandung itu terancam denda sebesar Rp 100 juta, sesuai dengan Bab 1 Pasal 6 Ayat 2 Poin T.

"Secara regulasi, hal yang dilakukan Pak Ridwan Kamil itu masuk kategori pelanggaran. Tetapi, itu ranah Komisi Disiplin (Komdis) PSSI," ucap Chief Operation Officer (COO) PT LIB, selaku operator Liga 1, Tigor Shalom Boboy, Rabu (15/6/2017) seperti dikutip Kompas.com.

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil (Kompas.com)

Menanggapi masalah tersebut Kang Emil mengungkapkan dirinya hanya menuruti pihak manajemen Maung Bandung yang memintanya untuk memberikan sedikit motivasi untuk para pemain.

Meski begitu hingga kini pihak PSSI belum menetapkan apakah Persib akan mendapatkan hukuman atas pelanggaran itu.

(TribunWow.com/Claudia N)

Berita ini sudah diterbitkan terlebih dahulu di Kompas.com, dengan judul, Persib Terancam Denda karena Ridwan Kamil Masuk Ruang Ganti

 

Editor: Samuel Febrianto
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help