Liga Indonesia

Sylvano Comvalius Makanan Indonesia Bikin Ia Cepat Beradaptasi

Penyerang Bali United, Sylvano Comvalius menyebut bahwa faktor makanan di Indonesia jadi salah satu alasannya cepat beradaptasi.

Sylvano Comvalius Makanan Indonesia Bikin Ia Cepat Beradaptasi
BolaSport.com/Yan Daulaka
Sylvano Comvalius 

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Penyerang Bali United, Sylvano Comvalius menyebut bahwa faktor makanan di Indonesia jadi salah satu alasannya cepat beradaptasi.

Baru lakoni musim pertamanya bersama Bali United, Comvalius melejit jadi pencetak gol terbanyak sementara Liga 1 dengan torehan 28 golnya saat ini.

Comvalius mengaku sudah sangat familiar dengan makanan yang populer di Indonesia seperti nasi goreng atau mie goreng.

Usut punya usut, Comvalius ternyata mempunyai darah Suriname dari ayahnya.

Perlu diketahui, 15 persen populasi Suriname diisi oleh orang Jawa yang dibawa ke negara Amerika Selatan itu sebagai kuli oleh Belanda sejak tahun 1880.

"Di sini mudah beradaptasi karena saya sudah familiar dengan makanan Indonesia seperti soto ayam, nasi goreng, dan mie goreng."

"Makanan-makanan itu sudah sangat familiar. Kebetulan saya keturunan Suriname dari ayah. Di Suriname ada banyak orang Jawa," kata Comvalius.

Meski sepele, masalah makanan bagi Comvalius adalah faktor penentu buatnya untuk sukses.

Kesulitan beradaptasi pernah dirasakannya kala bermain bersama klub kasta kedua Liga Tiongkok, Fujian Smart Hero pada tahun 2012.

"Di China saya tinggal di kota lokal, hanya ada orang lokal. Tak ada orang asingnya saat main di Fujian. Sulit menemukan pasta. Itu bukan masalah seharusnya, tapi sebagai orang asing pasti mau makan normal. Di sana hanya ada restoran makanan cepat saji dan itu tak bagus," katanya menjelaskan.

"Jadi di Indonesia semuanya terasa familiar, ayah saya dari Suriname tapi saya tak bisa bahasa Jawa karena sulit. Darah saya campuran. Tapi belum pernah ke Suriname," tuturnya menambahkan.

Saat ini, Sylvano menjadi pemain tersubur di Liga 1. Bomber asal Belanda tersebut telah mencetak 28 gol sejauh ini.

Editor: Toni Bramantoro
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved