Piala AFF 2018

Media Asing Sebut Tak Ada Alasan Buat Bima Sakti Mencadangkan Riko Simanjuntak di Timnas Indonesia

Penyerang Persija Jakarta ini disebut-sebut menjadi ruh kemenangan timnas Indonesia atas Timnas Timor Leste.

Media Asing Sebut Tak Ada Alasan Buat Bima Sakti Mencadangkan Riko Simanjuntak di Timnas Indonesia
HERKA YANIS PANGARIBOWO/TABLOID BOLA
Pemain timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, berusaha melepaskan diri dari penjagaan para pemain Mauritius pada laga persahabatan internasional di Stadion Wibawa Muklti, Selasa (11/9/2018). 

TRIBUNNEWS.COM - Riko Simanjuntak tampil sebagai "super sub" dalam pertandingan kedua babak penyisihan grup B Piala AFF 2018.

Penyerang Persija Jakarta ini disebut-sebut menjadi ruh kemenangan timnas Indonesia atas Timnas Timor Leste.

Dimasukkan pada menit ke-56 untuk menggantikan Febri Hariyadi, Riko Simanjuntak berhasil mengubah permainan timnas Indonesia.

Satu assist kepada Alberto Goncalves yang berbuah gol ketiga bagi timnas Indonesia jadi salah satu kontribusi nyata Riko pada pertandingan yang dihelat di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta tersebut.

Sebuah portal media asing, Fox Sports Asia, menyebut kehadiran Riko di atas lapangan punya dampak signifikan terhadap peningkatan serangan skuat Garuda.

Andai tak dapat dikatakan sebagai kebetulan, kontribusi pemain asal Sumatra Utara ini amat nyata terhadap tiga gol Indonesia yang dilesakkan oleh Alfath Fathier (60'), Stefano Lilipaly (69') (P), dan Alberto Goncalves (80').

Kendati Riko hanya berperan aktif dalam gol yang diciptakan Beto, tetapi seluruh gol skuat Garuda tercipta ketika pria 26 tahun ini sudah berada di atas medan laga.

Pada pertandingan versus Timor Leste kemarin malam, Selasa (13/11/2018), Riko mampu merepotkan barisan pertahanan lawan dengan kecepatan dan kelincahannya.

Hal yang sama ketika ia melakukan pada laga kontra timnas Singapura pada matchday pertama lalu.

Salah satu editor Fox Sports Asia , Gabriel Tan, mengungkapkan tak ada satu pun alasan bagi Bima Sakti terus menyimpan Riko di bangku cadangan.

Andai ditilik dari segi kebugaran dan fisiknya, eks pemain Semen Padang itu secara reguler bermain penuh untuk klubnya saat ini, Persija Jakarta.

Seharusnya, tidak akan menjadi masalah jika Bima Sakti memasang Riko sejak awal laga.

"Seperti yang telah ditunjukkan di klubnya, Riko tidak memiliki masalah bermain penuh. Bima seharusnya tidak memiliki alasan untuk tidak memainkan dia sejak awal," tulis Fox Sports Asia.

Namun, di akhir tulisannya, Gabriel Tan justru menyodorkan sebuah pertanyaan yang tak dapat dijawabnya sendiri.

Gabriel menyangsikan Riko, andai dia dijadikan starter, mampukah Riko berbuat lebih baik seperti saat dia menjadi pengganti?

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved