Alasan Tukang Ojek Pangkalan Emoh Gabung ke Aplikasi Go-Jek

Polemik perseteruan antara Go-jek dantukang ojek tradisional, hingga kini masih marak diperbincangkan.

Alasan Tukang Ojek Pangkalan Emoh Gabung ke Aplikasi Go-Jek
The Jakarta Post/Jerry Adiguna
Warga mencoba fitur terbaru aplikasi GO-JEK di kawasan Tulodong, Jakarta, Selasa (20/1/2015). Sebagai perusahaan startup baru yang menyediakan layanan inovatif memadukan aplikasi selular dan sistem kemitraan dengan penyedia layanan ojek 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Polemik perseteruan antara Go-jek dantukang ojek tradisional, hingga kini masih marak diperbincangkan. Menanggapi hal itu, banyak alasan tukang ojek enggan bergabung ke Go-jek tersebut.

Warto (30), tukang ojek yang mangkal di Kawasan Jalan Lodan Raya, Pademangan, Jakarta Utara, mengakui enggan masuk gojek lantaran tak begitu mengerti menggunakan handphone berbasis android. Biasanya, jelas pria bertubuh kurus ini, ia hanya bisa menerima telepon dan pesan singkat saja dari langganannya.

"Kagak ngarti saya. Begini saja sudah. Nyaman. Kagak mau ribet. Pake segala pake peta-peta ama apaan tuh .. Aplikasi. Kaga ngarti saya mah bang. Tahunya SMS sama nelepon doang. Ya kalau pelanggan tetap saya paling nelepon doang," tuturnya, Selasa (11/8/2015).

Berbeda lagi pendapatnya yang terucap di mulut Kasnawi (40) warga di Kawasan Pademangan, Jakarta Utara. Kasnawi yang kerap mangkal di Kawasan Pademangan ini, enggan bergabung keGo-Jek lantaran takut adanya keterikatan.

"Kalau ojek biasa kan bebas kami mau nyari penumpang berapa sehari. Ya kalau Go-Jek mah bang pastinya di patokkin. Misalnya, satu hari harus dapet nganterin 10 orang. Wah kaga bisa saya kalau begitu. Mending begini aja dah, paling males banget diatur-atur," ujar pria yang sudah dikaruniai 4 orang anak ini.

Berbeda lagi yang dituturkan Opik, tukang ojek di Jalan Lorong 103, Koja, Jakarta Utara. Ia menganggap Go-Jek merebut rezeki tukang ojek biasa.

"Ojek tradisional mah begini aslinya bang. Ya mungkin soal keselnya tukang ojek biasa sama Go-Jek ya begitu, rezeki orang main ambil aja," kata Opik.

Lalu, pria yang mengenakan sweater ini memuji adanya Go-Jek di Jakarta. Pasalnya, selain gaji yang menggiurkan, dirinya mengaku puluhan teman-temannya yang ada di pangkalannya ingin masukGo-Jek.

"Ngelihat di televisi Go-Jek tenar banget, Ya sebenernya kami di sini semua mau banget masuk Go-Jek. Masalahnya, temen-temen sudah pada SMS ke operator Go-Jek. Cuman, enggak direspon. Ya intinya kagak diterima kali. Jadi tukang ojek biasa aja udah,ngarepnya sih diterima," ujar Opik. (Panji Baskhara Ramadhan)

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help