Mengenal Lotte Reiniger, Pelopor Animasi Siluet di Google Doodle

Google memperingati 117 tahun kelahiran Lotte Reiniger, seorang pengarah film asal Jerman. Siapa dia?

Mengenal Lotte Reiniger, Pelopor Animasi Siluet di Google Doodle
google
Google kali ini menghadirkan siluet dari sesosok perempuan yang menjadi pelopor animasi siluet, sebagai doodle-nya. 

Tribunnews/Ruth Vania

TRIBUNNEWS.COM - Google kali ini menghadirkan siluet dari sesosok perempuan yang menjadi pelopor animasi siluet, sebagai doodle-nya.

Tepat pada Kamis (2/6/2016) ini, Google memperingati 117 tahun kelahiran Lotte Reiniger, seorang pengarah film asal Jerman.

Sebelum Walt Disney merajai dunia animasi, Reiniger menjadi tokoh yang menginspirasi gaya pembuatan film animasi untuk pertama kali.

Menggunakan teknik pengambilan ribuan gambar pada potongan kertas berbentuk siluet yang dirangkai menjadi gambar bergerak, animasi dapat tercipta.

Hanya bermodal karton hitam dan gunting, perempuan kelahiran 2 Juni 1899 itu bisa menceritakan kisah yang dikemas menjadi film animasi.

Idenya terinspirasi dari saat Reiniger masih bersekolah, ia membuat semacam pertunjukan siluet boneka untuk menghibur teman-temannya.

Selama berkarier sebagai pengarah film, Reiniger memproduksi lebih dari 40 film animasi siluet.

Beberapa judul yang menjadi populer adalah termasuk 'The Adventures of Prince Achmed', 'Cinderella', dan 'Puss in Boots'.

Teknik pembuatan film animasi siluet itu kemudian menginspirasi Disney dalam membuat film animasinya di zaman-zaman awal produksinya.

Hingga kini, Reiniger masih menginspirasi para animator dan seniman di dunia, khususnya ilustrator Olivia Huynh yang membuat doodle-nya.

Google menjelaskan proses pembuatan doodle untuk mengenang Reiniger itu menggunakan teknik yang hampir sama dengan yang dipelopori Reiniger. (Google/Telegraph)

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved