Home »

Techno

»

News

Cegah Hoax, Kominfo Ajak Elemen Masyarakat Jaga Konten Negatif

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak berbagai elemen masyarakat untuk mencegah adanya penyebaran hoax.

Cegah Hoax, Kominfo Ajak Elemen Masyarakat Jaga Konten Negatif
Adiatmaputra Fajar
Menkominfo Rudiantara 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak berbagai elemen masyarakat untuk mencegah adanya penyebaran berita hoax.

Selain warga, Kominfo juga meminta bantuan Google untuk menghapus segala konten yang tidak sesuai dengan budaya dan mengancam masyarakat.

"Apalagi yang namanya hoax, medsos itu kan menyebar di masyarakat, jadi kita selesaikan dengan masyarakat," ujar Menkominfo Rudiantara di gedung Kominfo, Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Rudiantara memaparkan melalui program Trusted Flagger (Program Penandai), masyarakat bisa melaporkan langsung konten apa saja yang negatif, hoax, radikalisme, dan terorisme. Hal itu sangat membantu kinerja pemerintah selama ini.

"Tadi bicara Trusted Flagger, bukan hanya pemerintah, tapi civil society (element masyarakat) ada IT Watch, Wahid Institute, dan Mafindo," ungkap Rudiantara.

Rudiantara menambahkan jika ada elemen masyarakat yang ingin membantu, Kominfo akan memfasilitasi hal tersebut. Pemerintah langsung berkoordinasi dengan Google untuk mencegah konten negatif namun harus dilihat kepentingan dari laporan masyarakat terlebih dahulu.

"Nanti kita bicarakan, ada elemen masyarakat harus dibicarakan ke Google dulu," kata Rudiantara.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help