Home »

Techno

»

News

Kominfo Gandeng Google Hapus Konten Negatif

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak Google Asia Pacific untuk menghapus dan memblokir konten-konten negatif di Indonesia.

Kominfo Gandeng Google Hapus Konten Negatif
Adiatmaputra Fajar
Menkominfo Rudiantara dan perwakilan Google Asia Pacific 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak Google Asia Pacific untuk menghapus dan memblokir konten-konten negatif di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan saat ini ada banyak konten negatif tidak hanya dari aplikasi percakapan, tapi juga merebak ke berbagai situs seperti Youtube.

"Kita meningkatkan servis level dalam menangani konten-konten negatif di platform keluarga dari Google. Karena youtube itu di Google," ujar Rudiantara di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Rudiantara menjelaskan penanganan konten negatif seperti di Youtube masih menggunakan email dan perantara lunak lainnya. Tapi mulai akhir Juli, Google beserta kominfo menerapkan sistem yang namanya disebut Trusted Flagger Program (Program Penandai)

"Masyarakat atau siapapun bisa nge-flag (menandai) bahwa ini masuk konten yang tidak diperbolehkan di Indonesia," ungkap Rudiantara.

Selain Trusted Flagger Program, Google dan Kominfo menerapkan program Legal Removal. Skema ini untuk memberantas masalah hukum di dalam negeri.

"Legal Removal untuk yang bermasalah dengan legal. Mungkin salah satunya dengan penegakan hukum di Indonesia," jelas Rudiantara.

Trusted Flagger Program sekarang dalam tahap uji coba. Kominfo sedang mengkaji dalam fase pilot project.

"Diharapkan efektif 2-3 bulan mendatang. mudah-mudahan lebih cepat," kata Rudiantara.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help