Ragam Teknologi TV

The Next Big Thing dari Panasonic

Setelah TV LED yang menawarkan kejernihan gambar, teknologi TV OLED hadir sebagai the next big thing.

BizzInsight
The Next Big Thing dari Panasonic
Gizmodo Australia
Panasonic EZ1000 

TRIBUNNEWS.COM – Setelah TV LED yang menawarkan kejernihan gambar, teknologi TV OLED hadir sebagai the next big thing. Teknologi OLED atau Organic Light-Emitting Diode (diode cahaya organik) adalah sebuah teknologi layar yang disebut-sebut mampu menghasilkan kualitas-kualitas warna dengan sangat detail, hasil dari kontras yang tinggi.

Sebelum diaplikasikan ke teknologi TV, teknologi ini sudah digunakan di layar smartphone, dan dalam ukuran yang kecil. Berkat perkembangan teknologi yang kian cepat, kini teknologi OLED ini pun sudah dipasang ke dalam produk televisi, dengan ukuran yang jauh lebih besar.

OLED, yang merupakan pengembangan dari teknologi LCD< LED dan plasma ini diaplikasikan ke dalam produk televisi sebagai lapisan layar yang terbuat dari senyawa organik (carbon), yang mampu memancarkan cahaya saat dialiri listrik.

Cara kerja TV OLED mirip TV Plasma, karena dapat menghasilkan cahaya sendiri dalam menyajikan gambar. Bedanya, OLED membutuhkan bantuan cahaya dari LED agar mampu memproyeksikan gambar. Berkat kemampuannya memproduksi gambar sendiri, layar OLED memiliki desain paling tipis di antara teknologi TV modern. Untuk ukuran layarnya pun sudah tidak terbatas dengan layar mini seperti pada smartphone. Layar OLED mampu memjadi panel untuk dinding panggung sampai hingga bisa menutupi sebuah mal.

TV OLED juga mirip seperti TV plasma dalam urusan rasio kontras dan kedalaman warna hitam yang mengungguli TV lain Belum lama ini, Panasonic telah mengumumkan TV OLED generasi keduanya. Sebuah produk unggulan TV OLED Hexachroma bertajuk EZ1000 yang dianyarkan dapat menghasilkan warna hitam yang pekat.

OLED flagship ini dilengkapi dengan Absolute Black Filter milik Panasonic, yang dikembangkan terus oleh perusahaan hingga mampu menyerap cahaya dan pantulan ambient, untuk menjaga area hitam pada gambar untuk menghasilkan warna hitam sepekat mungkin.

Demi menjaga komitmennya untuk memberikan ‘warna hitam’ yang sama pentingnya dengan ‘warna lain’, Panasonic memasangkan pemrosesan HCX2 untuk mengatasi kekurangan OLED selama ini, yaitu saat menampilkan gambar terang dan berwarna.

HCX2 sendiri adalah metode yang memanfaatkan keahlian para pembuat film profesional di Hollywood, dan diklain sebagai pemrosesan video terhebat yang pernah ada. Otomatis meningkatkat kehebatan EZ1000.

“Warna yang paling akurat di dunia TV,” begitu klaim Panasonic dalam menggambarkan hasil gambar EZ1000.

EZ1000 hadir dalam desain TV layar datar 65 inci, yang dilengkapi dengan satu unit speaker soundbar yang diatur oleh produsen audio legendaris Technics. Speaker soundbar ini mengambil tema ‘Dynamic Blade Speaker’ yang berisi tidak kurang dari 14 driver (8 woofer, 4 midrange dan sepasang tweeter) dan dilengkapi dengan radioaktif pasif, menambah keunggulan TV OLED Hexachroma ini.

Tidak ketinggalan, fitur SmartTV EZ1000 memiliki inkamasi terbaru, My Home Screen versi Panasonic. Di dalamnya terdapat aplikasi Media Player yang sudah mendukung Gamma Gameplay 4k untuk HDR10 dan Hybrid Log Gamma. Termasuk di dalamnya streaming 4k versi Netflix, Amazon, dan YouTube 4k streaming. Semua fitur ini bisa diakses dan dikontrol menggunakan remote yang user friendly dan menyenangkan. What more can you ask for?

Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help