Teknik Cetak 3D Berperan Dalam Dunia Bisnis Digital dan Startup

Teknik digital 3D ini bukan hanya menghasilkan barang saja, tetapi juga sebagai sebuah bisnis jasa (service)

Teknik Cetak 3D Berperan Dalam Dunia Bisnis Digital dan Startup
Istimewa
Chendy Jaya, Founder dan CEO dari Imajin.id 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Teknik cetak 3 dimensi atau yang dikenal dengan 3D digital printing saat ini banyak mengalami kemajuan seiring berkembangnya teknologi digital dalam berbagai bisnis dan usaha, contohnya startup.

Chendy Jaya, Founder dan CEO dari Imajin.id mengatakan bahwa banyak orang, terutama anak-anak muda yang pernah mempelajari teknik 3D tidak berani melangkah lebih jauh untuk mendalami bisnisnya.

Kebanyakan dari mereka hanya sebatas belajar dan membuat desain saja, tanpa dilanjutkan dengan melakukan praktek mencetak.

“Kami mempunyai target utama para mahasiswa dan milenials yang pernah mempelajari tentang tehnik 3D ini, tetapi kemudian hanya disimpan saja. Kami ingin agar mereka bisa lebih kreatif lagi dalam membuat sesuatu,” kata Chendy.

Karena dalam dunia bisnis saat ini jangkauan dari 3D digital ini sangat luas.

Baca: IP Activator, Ekosistem Baru untuk Kembangkan Bisnis Rintisan Digital Anak Muda

Dengan begitu mereka diharapkan dapat membuat sesuatu ide yang kemudian dapat diwujudkan menjadi benda nyata dan menghasilkan profit atau pendapatan.

Teknik digital 3D ini bukan hanya menghasilkan barang saja, tetapi juga sebagai sebuah bisnis jasa (service).

Imajin.id sendiri saat ini lebih banyak membutuhkan contributor yang nantinya akan masuk dalam tahap kurasi terhadap file yang akan di upload.

Kurasi yang dimaksud disini pertama-tama adalah copywrite, kemudian apakah layak untuk dijual. Nah, untuk file yang ada di Imajin.id disini, ada yang free (gratis) da nada juga yang berbayar.

Saat ini Imajin.id sudah memiliki sekitar 800-1000 kontributor seperti 3D artist dan Channel Partner (kontributor yang memiliki 3D Printer), padahal Imajin.id sendiri baru berjalan awal tahun 2018 ini.

Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved