PostgreSQL 11 Diluncurkan: Gebrakan Peningkatan Database Open Source Terdepan di Dunia

PostgreSQL 11 menghadirkan peningkatan performa melalui jajaran fitur yang akan mempercepat eksekusi pemrosesan database.

PostgreSQL 11 Diluncurkan: Gebrakan Peningkatan Database Open Source Terdepan di Dunia
thepublicationplan
ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PostgreSQL Global Development Group mengumumkan peluncuran PostgreSQL 11, versi terbaru dari software database open source tercanggih di dunia, Jumat (7/9/2018).

PostgreSQL 11 merupakan peluncuran besar pertama sejak versi 10 tahun lalu dan mengikuti skema penamaan format “x.y” seperti pendahulunya.

Dengan demikian, peluncuran minor PostgreSQL berikutnya adalah 11.1 yang diikuti peluncuran besar berikutnya yakni versi 12.

PostgreSQL 11 menghadirkan peningkatan kinerja RDMS (Relational Database Management System) secara keseluruhan melalui peningkatan fitur yang terkait dengan basis data berukuran besar dan beban komputasi tinggi.

PostgreSQL 11 menghadirkan peningkatan signifikan pada sistem partisi tabel, menambahkan dukungan prosedur tersimpan berkemampuan manajemen transaksional, meningkatkan query paralel dan menambahkan kemampuan definisi data paralel, serta memperkenalkan kompilasi Just-in-Time (JIT) kode SQL.

Tabel Partisi semakin “mature”

Peningkatan fitur partisi tabel pada PostgreSQL 11 memungkinkan akses data lebih cepat karena PostgreSQL tidak perlu mencari data di setiap partisi dengan cara menghilangkan partisi tabel yang tidak berisi data yang diperlukan.

Hasilnya adalah performa manajemen sistem database relasional yang lebih cepat berkat peningkatan kecepatan akses data berukuran besar.

Performa PostgreSQL 11 juga kian ditingkatkan berkat fitur kompilasi Just-in-Time (JIT) yang mempercepat eksekusi ekspresi dalam query.

PostgreSQL 11 menambahkan kemampuan mempartisi data dengan kunci hash, juga dikenal sebagai hash partitioning, menambah kemampuan yang ada saat ini untuk mempartisi data di PostgreSQL.

PostgreSQL 11 meningkatkan lebih lanjut kemampuan federasi dengan peningkatan fungsi untuk partisi yang digunakan fitur "Foreign Data Wrapper/FDW".

Untuk membantu mengelola partisi, PostgreSQL 11 memperkenalkan partisi "Catch-All" untuk menampung data yang tidak sesuai dengan kunci partisi, dan kemampuan untuk membuat Primary Key, Foreign Key, Indeks, dan pemicu pada partisi yang diwariskan ke semua tabel.

PostgreSQL 11 juga mendukung baris yang bergerak secara otomatis ke partisi yang benar jika kunci partisi untuk baris itu diperbarui.

Dengan beberapa kemampuan mendukung partisi yang lebih dinamis dan fleksibel, PostgreSQL semakin menjadi satu-satunya database pilihan Enterprise dalam mengelola beban besar.

Pembuatan fungsi yang ditentukan oleh pengguna sudah bisa dilakukan di PostgreSQL selama lebih dari 20 tahun, tetapi sebelum versi 11, fungsi-fungsi tersebut tidak dapat dikelola oleh transaksi.

PostgreSQL 11 menambahkan prosedur SQL yang dapat bekerja penuh melakukan manajemen transaksi dalam tubuh fungsi, memungkinkan pengembang membuat aplikasi server yang lebih canggih.

PostgreSQL 11 meningkatkan kinerja query paralel berkat peningkatan kinerja pemindaian sekuensial paralel dan hash yang digabungkan dengan pemindaian partisi data secara lebih efisien.

Halaman
12
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved