Beri UMKM Akses Internet dan Pelatihan Bisnis Era Digital

Sebagian lainnya telah mulai berhasil memperluas area pemasaran dengan memanfaatkan layanan online dan e-commerce.

Beri UMKM Akses Internet dan Pelatihan Bisnis Era Digital
Istimewa
Pelatihan UMKM 

TRIBUNNEWS.COM -- Lebih dari 60 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tersebar di berbagai lokasi di Jabodetabek mendapatkan dukungan akses internet cepat dan sejumlah pelatihan untuk mendorong produktivitas.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan PT Holcim Indonesia (Holcim) bekerjasama memberikan dukungan antara berupa akses internet cepat dan sejumlah pelatihan untuk mendorong produktivitas UMKM tersebut. Implementasi kerjasama ini ditandai melalui sebuah pelatihan di Holcim Club House, Naragong, Kabupaten Bogor.

Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communications XL Axiata mengatakan,para pelaku UMKM tersebut sebagian besar dimotori oleh para perempuan.

"Mereka terutama memproduksi produk kuliner, makanan kecil, hingga kerajinan tangan. Sebagian besar masih berupa usaha rumahan dengan skala penjualan yang relative masih kecil, dengan pemasaran yang terbatas," kata Tri Wahyuningsih dalam keterangan persnya, Kamis (27/9/2018).

Meski demikian, jelasnya, sebagian lainnya telah mulai berhasil memperluas area pemasaran dengan memanfaatkan layanan online dan e-commerce.

Untuk dukungan berupa internet cepat, XL Axiata memberikan akses gratis selama 1 tahun untuk pusat pembinaan UMKM bernama “Dapoer Sampireun”, yang mendapatkan dukungan program dari Holcim.

Keberadaan internet cepat ini kemudian dimanfaatkan untuk antara lain untuk memasarkan produk lewat media sosial, mendukung kegiatan pembelajaran dan pengembangan, sistem administrasi digital, serta akses bagi konsumen ke pusat UMKM. Seluruh fasilitas yang diberikan bisa diakses oleh 240 UMKM lainnya yang terafiliasi dengan Dapoer Sampireun.

Penulis: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved