Strategi Netflix Berikan Pengalaman Nonton Terbaik Lewat Smartphone

Netflix, penyedia layanan streaming asal Amerika Serikat, tengah fokus mengembangkan platform mobile

Strategi Netflix Berikan Pengalaman Nonton Terbaik Lewat Smartphone
dok Netflix
VP of Product Netflix Todd Yellin dalam acara See What’s Next Asia di Marina Bay Sans Convention Centre, Singapura, Kamis (8/11/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, SINGAPURA - Netflix, penyedia layanan streaming asal Amerika Serikat, tengah fokus mengembangkan platform mobile guna memberikan pengalaman terbaik saat menonton film atau serial TV lewat ponsel.

"Kita terus mencoba dan mengembangkan fitur dan tampilan baru pada ponsel. Faktanya, sekira dua per tiga pengguna Netflix menonton dari smartphone," ungkap VP of Product Netflix Todd Yellin dalam acara See What’s Next Asia di Marina Bay Sans Convention Centre, Singapura, Jumat (9/11/2018).

Hal pertama yang Netflix lakukan adalah personalisasi konten. Setiap pengguna memiliki profil yang berbeda dengan pengguna lain.

Dalam menentukan kriteria konten apa yang cocok bagi masing-masing pengguna, Netflix mengutamakan selera penonton.

"Tak ada orang yang mau melihat ribuan judul di halaman mereka. Di layar ponsel, hanya muat 9 judul. Kami harus pastikan, mereka mendapat konten yang paling relevan dan disukai. Tak peduli letak geografi, jenis kelamin atau umur, kami mengutamakan selera," paparnya.

Netflix memakai algoritma dan pembelajaran mesin untuk mengetahui sikap manusia saat menonton via ponsel.

Selain personalisasi, mereka menyediakan fitur tagar dan kategori, sehingga pengguna mendapat referensi singkat saat mencari film atau serial yang ingin ditonton.

Misalnya, dalam film orisinal dari Indonesia "The Night Comes for Us", Anda akan melihat tagar: Indonesia, Action dan Martial Arts.

"Satu film punya belasan tagar. Pengguna tidak akan melihat semua tagar ini. Kita tampilkan yang sesuai saat mereka mencari film dengan tema tertentu," jelas Todd.

Selain itu, Netflix memahami pengguna smartphone sering memutar layar mereka menjadi horizontal ketika menonton. Namun, ketika ingin melihat cuplikan, mereka lebih memilih layar vertikal.

Halaman
12
Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved